Analisis Kinerja Gerbang Tol Pasteur Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK

Sitanggang, Friska (2011) Analisis Kinerja Gerbang Tol Pasteur Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Antrian adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Menunggubr / didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop, gerbang tol,br / bank, kasir supermarket, dan situasi-situasi lain yang sering kita temui. Antrianbr / terjadi disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas)br / pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas tidak bisa segerabr / mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan. Teori antrian dapat digunakanbr / untuk mengevaluasi fenomena antrian dari sudut pandang pelanggang danbr / penyedia jasa, sehingga akan dihasilkan solusi optimal. Dimana penyedia jasabr / masih memperoleh untung dan pelanggan tidak mengeluh waktu antri yang lama.br / Objek penelitian yang dilakukan oleh penulis berada pada gerbang tol Pasteurbr / cabang Pasteur yang berada pada naungan PT. Jasa Marga (Persero). Tbk.br / Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi antrian panjang dan juga dapatbr / meningkatkan performasi gerbang tol. Pengumpulan data dilakukan denganbr / mengamati dan mencatat jumlah kedatangan kendaraan dan waktu pelayananbr / kendaraan. Pada pengamantan yang telah dilakukan, gerbang tol terdapat dua jalurbr / yaitu jalur entrance dan exit dimana 13 gardu aktif, 5 gardu entrance dan 8 gardubr / exit.br / Di gerbang tol Pasteur sering dijumpai mobil yang lewat baik pada saat shiftbr / I,shift II dan kecuali pada saat shift III. Untuk meningkatkan performansi kerjabr / gerbang tol perlu dilakukan penyelesaian yang tepat yaitu dengan menggunakanbr / metode teori antrian dengan saluran Multi Channel-Multi Server yaitubr / M/M/c/GD/#8734;/#8734;. Dengan menggunakan metode ini terlebih dahulu dilakukanbr / pengujian data yaitu untuk mengetahui apakah data tersebut mengikuti distribusibr / Poisson dan distribusi Eksponensial.br / Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh bahwa pengujian databr / melalui Uji Test Kolmogorov Smirnov mengikuti distribusi Poisson dan jugabr / distribusi Eksponensial. Kemudian dari pengolahan data teori antrian diperolehbr / utilitas shift I,shift II �± 30% dan shift III= 7.403% dengan gardu yang aktifbr / sebanyak 8 gardu, sehingga diberikan usulan dengan menambah gardu pada saatbr / shift I dan II dan mengurai gardu pada shift III dan juga meningkatkan waktubr / pelayanan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori Antrian, Utilitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item