Implementasi Algoritma Layer-By-Layer Untuk Menyelesaikan Permainan Rubiks Cube

Djohan, Rahmi (2011) Implementasi Algoritma Layer-By-Layer Untuk Menyelesaikan Permainan Rubiks Cube. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permainan rubik merupakan permainan puzzle mekanik untuk mengembalikan kotakan��kotakan warna yang teracak kembali ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya. Permainan rubik yang dibuat menerapkan algoritma layer by layer. Algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan rubik secara bertahap. Saat ini, masih banyak orang yang belum berhasil dalam menyusun rubik yang teracak karena rubik memang termasuk dalam permainan yang sulit untuk diselesaikan, dikarenakan harus menghafal beberapa notasi gerakan untuk menyelesaikannya. Padahal algoritma penyelesaian rubik secara manualpun sudah ditemukan.br / Penerapan algoritma layer by layer dalam permainan rubik dibuat berdasarkan prosedur layer by layer untuk mendapatkan langkah terbaik menyelesaikan permainan rubik. Algoritma layer by layer digunakan untuk menyelesaikan rubik yang teracak kembali kesisi kelompok warnanya. Algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan rubik mulai dari layer pertama/atas, kemudian layer kedua/tengah dan yang terakhir menyelesaikan layer ketiga/bawah. Penyelesaian rubiks cube telah ditemukan dalam bentuk algoritma, oleh karena itu program komputer atau perangkat lunak untuk menyelesaikan rubiks cube dapat dibuat.br / Hasil pengujian aplikasi ini, selain mendapatkan penyelesaian untuk menyusun warna yang teracak, algoritma layer by layer juga memberikan hasil pencarian solusi yang optimal yang merupakan susunan rubik kembali kepada kelompok sisi warnanya. Pengujian alpha yang dihasilkan oleh layer by layer Secara fungsional sistem yang telah dibangun sudah dapat menghasilkan keluaran yang diharapkan, begitu juga secara perhitungan yang dilakukan dengan layer by layer telah dihasilkan dari titik awal ke titik tujuan dalam menyelesaikan rubik yang teracak. Langkah yang dihasilkan adalah langkah secara terstruktur untuk menyusun rubik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Rubiks, Cube, Layer, Notasi, Algoritma.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item