Pengaruh Debt Equity Ratio Dan Current Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Survey Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013)

Dwi Larasati, Betha (2015) Pengaruh Debt Equity Ratio Dan Current Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Survey Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dividend payout ratio dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya debt equity ratio dan current ratio. Terdapat fenomena pada tahun 2012 dan 2013 yang menunjukan bahwa variable debt equity ratio meningkat namun tidak diikuti dengan dividend payout ratio-nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh debt equity ratio terhadap dividend payout ratio dan mengetahui seberapa besar pengaruh current ratio terhadap dividend payout ratio pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Sebelumnya dilakukan juga uji asumsi klasik, diantaranya uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada pelanggaran asumsi yang menunjukkan bahwa data telah dapat menggunakan metode analisis linier berganda. Pengujian statistik menggunakan software SPSS 17.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa debt equity ratio mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap dividend payour ratio sedangkan current ratio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap dividend payout ratio.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Debt Equity Ratio, Current Ratio, dan Dividend Payout Ratio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item