Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Anak Dengan Metode Forward Dan Backward Chaining (Studi Kasus Di Puskesmas Mandalamekar)

Tya Mutmainah, Dwi (2011) Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Anak Dengan Metode Forward Dan Backward Chaining (Studi Kasus Di Puskesmas Mandalamekar).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PUSKESMAS Mandalamekar adalah salah satu tempat pelayananbr / kesehatan masyarakat yang berada di kecamatan Mandalajati. PUSKESMASbr / Mandalamekar memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan denganbr / beberapa kategori yaitu; kedokteran umum, kandungan dan kesehatan anak.br / Kegiatan pelayanan kesehatan anak terbagi menjadi dua jenis yaitu; pemeriksaanbr / di PUSKESMAS dan pemeriksaan di POSYANDU. Berdasarkan hasil wawancarabr / dengan dokter anak yang bertugas di PUSKESMAS Mandalamekar, denganbr / adanya dua kegiatan pelayanan kesehatan anak sedangkan jumlah dokter yangbr / bertugas hanya sedikit, membuat jam kerja praktek dokter anak padat. Karenabr / banyaknya pasien di PUSKESMAS, terkadang pasien di POSYANDU terlambatbr / mendapat penanganan karena tidak tidak adanya diagnosa awal. Oleh karena itu,br / dibutuhkan suatu alat yang bisa membantu untuk mendiagnosa awal penyakitbr / anak berupa suatu sistem pakar. Sistem pakar adalah sistem berbasis komputerbr / yang menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkanbr / masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidangbr / tertentu saja.br / Pada tugas akhir ini, sistem pakar yang dirancang adalah sistem pakarbr / dibidang kedokteran khususnya diagnosa penyakit anak. Representasibr / pengetahuan yang digunakan adalah tabel keputusan, pohon pelacakan sertabr / aturan kaidah produksi berbentuk IF-THEN. Metode pelacakan yang digunakanbr / adalah Forward dan Backward Chaining. Sedangkan untuk metode pencariannyabr / adalah Depth First Search.br / Berdasarkan hasil pengujian betha di PUSKESMAS Mandalamekar,br / sistem pakar ini dapat membantu paramedis untuk melakukan diagnosa awalbr / mengenai penyakit anak ketika doktek anak tidak berada di tempat. Informasibr / yang akan dihasilkan adalah kemungkinan penyakit yang terdeteksi, pengertianbr / penyakit serta saran penanganan sementara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem pakar, penyakit anak, diagnosa, forward chaining, backward chaining, depth first search
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item