Perancangan sistem informasi penerimaan pendapatan operasional harian pada Perusahaan Umum (Perum) Damri unit Angkutan Bus Kota Bandung

Risdiyanto, Benny (2012) Perancangan sistem informasi penerimaan pendapatan operasional harian pada Perusahaan Umum (Perum) Damri unit Angkutan Bus Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemajuan dibidang teknologi informasi yang pesat telah memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan umat manusia, salah satunya adalah kemudahan untuk mendapatkan informasi. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang bagi seseorang atau instansi untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dan oleh karena itu maka sebagian besar orang selalu berusaha untuk mendapatkan teknologi informasi terbaru demi tercapainya tujuan yang mereka inginkan. Dengan teknologi informasi yang memadai, maka informasi yang dibutuhkan akan lebih cepat untuk didapatkan dan nilainya pun akan lebih akurat jika dibandingkan dengan informasi yang didapatkan dengan cara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penerimaan pendapatan operasional yang sedang berjalan di Perum Damri Bandung, membantu lembaga untuk meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data operasional dengan memperkecil kemungkinan kesalahan yang terjadi, dan membuat aplikasi system informasi pendapatan operasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya perbaikan masalah yang terkait dengan Sistem Informasi Pendapatan Operasional di Perum Damri Bandung.Metode yang digunakan pada perancangan sistem informasi didasarkan pendekatan terstruktur. Dalam penerapan tahapan pengembangan sistem, penulis menggunakan metode klasik atau waterfall, alat yang digunakan untuk merancang sistem berupa Peta Alur Data, Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Kamus Data, Normalisasi, Diagram Hubungan Entitas, Relasi Tabel, dan Struktur File. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan perangkat lunak penunjang menggunakan MySQL sebagai database dan bahasa pemrograman HTML, JavaScript, dan PHP. Penelitian yang penulis lakukan menghasilkan suatu sistem informasi pendapatan operasional yang dapat mendukung perkembangan perusahaan dalam pembuatan laporan transaksi yang cepat, tepat dan akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendapatan operasional, sistem informasi, intranet
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item