Pengaruh Profesionalisme Dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan provinsi Jawa Barat)

Anggraeni, Riskia (2015) Pengaruh Profesionalisme Dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan provinsi Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masih adanya auditor BPK RI yang kurang professional dalam melaksanakan tugasnya, seperti auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Auditor tersebut emberikan arahan dalam pembukuan LKPD Bekasi dengan tujuan agar mendapat opini WTP. Auditor BPK kurang optimal dalam menerapkan sikap kehati-hatian dan kecermatan professional dalam menelusuri serta mengungkap adanya indikasi korupsi, seperti dalam kasus audit forensik Bank Century, BPK dengan sengaja tidak memilih auditor yang telah memiliki serifikat khusus seorang auditor forensik. Seorang auditor BPK RI sudah seharusnya menjaga sikap profesionalisme dalam melakukan audit. Selain dengan menjaga sikap profesionalisme seorang audit harus menggunakan sikap due professional care dalam setiap melakukan audit. Hal itu dikarenakan agar kualitas audit yang dihasilkan auditor dapat terjamin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara profesionalisme dengan due professional care. Profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit sebesar 30,5%. Selanjutnya due professional care berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit sebesar 26,9%. Secara simultan profesionalisme dan due professional care berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sehingga semakin baik profesionalisme dan due professional care maka akan semakin baik pula kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, due professional care, kualitas audit
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item