Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Penggunaan Joshi wa Dan ga Dalam Kalimat Bahasa Jepang

Dahlianti, Windi (2011) Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Penggunaan Joshi wa Dan ga Dalam Kalimat Bahasa Jepang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Joshi#12300;#12399;#12301;dan#12300;#12364;#12301;dalam bahasa Jepang memiliki bermacam-macam fungsi. Dengan banyaknya fungsi yang hampir sama pada penggunaan kedua joshi tersebut, mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam penggunaan kedua joshi tersebut. Dengan adanya hal tersebut, maka penulis bermaksud melakukan penelitian dengan judul ��Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Penggunaan Joshi#12300;#12399;#12301;��wa�� dan#12300;#12364;#12301;��ga�� Dalam Kalimat Bahasa Jepang��. Dalam penelitian ini penulis akan mengukur seberapa besar tingkat kesalahan, bentuk kesalahan, dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan mahasiswa melalui tes dan angket tertutup, dengan menggunakan metode deskriptif. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase statistik, sehingga dapat diketahui tingkat kesalahan mahasiswa pada keseluruhan penggunaan Joshi#12300;#12399;#12301;sebesar 29.6%, menunjukkan bahwa Hampir setengah mahasiswa mengalami kesalahan pada joshi#12300;#12399;#12301;, dan tingkat kesalahan pada keseluruhan penggunaan joshi#12300;#12364;#12301;sebesar 25.7%, menunjukkan bahwa Hampir setengah mahasiswa mengalami kesalahan pada joshi#12300;#12364;#12301;, dengan satu bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa, yaitu Kondoo (alternating form) yang memiliki dua variasi, yaitu ��Tertukar antara penggunaan joshi #12300;#12399;#12301;dengan joshi#12300;#12364;#12301;begitupun sebaliknya, dan ��Terukar�� dengan joshi yang lain #12300;#12434;#12301;#12289;#12300;#12395;#12301;#12289;#12300;#12398;#12301;. Penyebab kesalahan mahasiswa dalam penggunaan kedua joshi tersebut adalah faktor Error (kesalahan), yang disebabkan oleh lemahnya kemampuan mahasiswa terhadap penggunaan kedua fungsi joshi tersebut. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa jarang mempelajari kembali materi mengenai kedua joshi tersebut, dan mahasiswa belum menemukan strategi belajar yang cocok, untuk mengurangi kesalahan- kesalahan tersebut. Berdasarkan hal diatas, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan metode pembelajaran bahasa Jepang khususnya pada kedua joshi tersebut, dengan menemukan strategi belajar yang cocok agar tidak terjadi lagi kesalahan, dan diharapkan selalu berkonsentrasi ketika mengerjakan soal, terutama yang berhubungan dengan kedua joshi tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Penggunaan Joshi wa Dan ga
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item