Identifikasi Arahan Tematik Pengembangan Kawasan Untuk Transmigrasi Lokal Di Kabupaten Belu Dalam Upaya Penguatan Aktivitas Ekonomi Di Kawasan Perbatasan Studi Kasus: Desa Lakmaras Dan Desa Loonuna Kecamatan Lamaknen Selatan

Mesakh, Heribertus (2016) Identifikasi Arahan Tematik Pengembangan Kawasan Untuk Transmigrasi Lokal Di Kabupaten Belu Dalam Upaya Penguatan Aktivitas Ekonomi Di Kawasan Perbatasan Studi Kasus: Desa Lakmaras Dan Desa Loonuna Kecamatan Lamaknen Selatan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Transmigrasi tematik adalah salah satu cara untuk meningkatkan minat masyarakat dengan cara memberikan konsep atau tema yang sesuai dengan karakteristik calon lokasi transmigrasi Desa Lakmaras dan Desa Nualain adalah dua desa di kecamatan Lamaknen Selatan yang berbatasan langsung melalui darat dengan negara Republic Demokratik Timor Leste dan memiliki jumlah penduduk yang sedikit dan luas lahan kosong yang besar. Sehingga kedua desa tersebut mengusulkan lahan kosong tersebut untuk digunakan pemerintah kabupaten Belu sebagai kawasan Transmigrasi. Oleh karena itu untuk percepatan pembangunan dan pemerataan penduduk diperlukan identifikasi potensi dan karakteristik kawasan tersebut agar bisa digunakan sebagai dasar arahan pengembangan yang sesuai dengan potensi, karakteristik sosial budaya, dan kearifan lokal masyarakat setempat sehingga masyarakat setempat dan transmigran lokal bisa merasakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan sosial ekonomi di beranda terdepan NKRI di kancah internasional. Analisis dilakukan dengan pendekatan deskriptif dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data profil desa Lakmaras dan Loonuna, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Belu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Belu, dan lainnya yang berhubungan dengan transmigrasi khususnya dalam menentukan arahan tematik. data primer berupa hasil wawancara dengan kepala desa dan tokoh masyarakat setempat serta observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa arahan tematik pengembangan yang sesuai dengan wilayah studi adalah agropolitan dan sangat acceptable untuk agroindustri/semi agroindustri. hal ini dilihat dari hasil penelitian yaitu dari data sekunder dan primer. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah didapat, yaitu arahan tematik pengembangan kawasan calon transmigrasi yaitu sebagai transmigrasi agroindustri dengan komoditas unggulan jagung dan kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transmigrasi, Arahan Pengembangan, Tematik, Kawasan Perbatasan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item