Evaluasi Pemanfaatan Fungsi Taman Tematik Sebagai Urban Landscafe Dalam Upaya Perwujudan Green City (Studi Kasus: Taman Tematik Di Kota Bandung)

Endah Lestari, Riri (2016) Evaluasi Pemanfaatan Fungsi Taman Tematik Sebagai Urban Landscafe Dalam Upaya Perwujudan Green City (Studi Kasus: Taman Tematik Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keberadaan taman tematik di Kota Bandung merupakan salah satu urban landscape dalam upaya mewujudkan konsep green city. Pembangunan taman tematik di Kota Bandung haruslah memenuhi beberapa fungsi dasar taman tematik yaitu fungsi ekologis, sosial-budaya, estetika maupun ekonomi sesuai dengan Permen PU No 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan fungsi taman tematik sebagai urban landscape dalam upaya perwujudan green city Kota Bandung. Evaluasi ini meliputi sepuluh (10) taman tematik di Kota Bandung, yaitu Taman Fotografi, Taman Film, Taman Musik, Taman Pasupati, Taman Persib, Taman Fitness, Taman Superhero, Taman Lansia, Taman Hewan, dan Taman Pustaka Bunga. Evaluasi didasarkan pada persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan fungsi taman tematik dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis yang diigunakan yaitu metode checklis dan analisis tingkat kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapat beberapa taman yang memenuhi fungsinya: 1. Fungsi ekologis: Taman Hewan, Taman Persib, Taman Pustaka Bunga, dan Taman Lansia 2. Fungsi sosial: Taman Fotografi, Taman Musik, Taman Superhero, dan Taman Persib 3. Fungsi estetika: Taman Fotografi dan Taman Musik 4. Fungsi ekonomi: Taman Fotografi, Taman Superhero, dan Taman Persib Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan arahan/rekomendasi bagi stakeholder Pemerintah Kota Bandung terhadap pemanfaatan serta pengelolaan khsuusnya taman-taman tematik yang ada di Kota Bandung dan memberikan gambaran mengenai sejauh mana pemanfaatan taman-taman tematik di Kota Bandung dalam pemenuhan fungsi-fungsinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Taman tematik, fungsi ekologis, fungsi sosial, fungsi estetika, fungsi ekonomi, urban landscape, green city
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item