Konstruksi Realitas Teks Pidato Indonesia Menggugat (Analisis Wacana Kritis Teks Tentang Imperialisme Dan Kapitalisme Pada Teks Pidato Pledoi Indonesia Menggugat Oleh Soekarno Tahun 1930)

Firmansyah, Teguh (2011) Konstruksi Realitas Teks Pidato Indonesia Menggugat (Analisis Wacana Kritis Teks Tentang Imperialisme Dan Kapitalisme Pada Teks Pidato Pledoi Indonesia Menggugat Oleh Soekarno Tahun 1930).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi realitas dari teksbr / Indonesia Menggugat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkanbr / pertanyaan tentang bagaimana dimensi teks dari teks Indonesia Menggugat,br / bagaimana dimensi kognisi sosial teks Indonesia Menggugat dan bagaimanabr / konteks sosial teks Indonesia Menggugat.br / Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodebr / penelitian analisis wacana kritis, teknik pengumpulan data yang digunakan adalahbr / dokumentasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan penelusuran databr / online. Informan dipilih sebanyak tiga orang, dengan asumsi para informanbr / mengetahui banyak informasi tentang teks yang akan diteliti. Sedangkan hasilbr / wawancara mendalam dilakukan kategorisasi pertanyaan dan jawaban yangbr / diajukan, yang kemudian dianalisis secara kritis sesuai dengan metode analisisbr / wacana kritis.br / Hasil penelitian bahwa dimensi teks menunjukan bahwa Bung Karnobr / seorang orator ulung serta pemakai bahasa yang baik. Setiap pemilihan kata,br / bahasa maupun kalimat yang dipakai Bung Karno memiliki arti makna yangbr / dalam, tegas dan detil dalam menjelaskan sesuatu. Dimensi kognisi sosial Bungbr / Karno menunjukan Bung Karno sebagai kaum intelektual, kaum pergerakan,br / seorang jawa,seorang yang sangat mencintai ranah air dan rakyatnya, dan seorangbr / yang baik dalam beragama. Dimensi konteks sosial, bahwa wacana yangbr / berkembang dalam masyarakat pada waktu itu merupakan hasil propaganda yangbr / dilakukan pemerintah Belanda dan agitasi yang selama ini dilakukan Bung Karno.br / Meskipun beraneka ragam wacana yang berkembang pada masyarakat,br / masyarakat pribumi tetap mendukung Bung Karno sebagai pemimpin mereka.br / Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa faham Imperialismebr / dan Kapitalisme, faham penyebab terjadinya penjajahan yang ada di muka bumi,br / bahwa sejarah perjalanan dunia memang mengatakan demikian. Teks Indonesiabr / Mengggugat suatu bentuk konsistensi Bung Karno melawan kedua faham itu.br / Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan, agar terus dilakukan penelusuranbr / sejarah dalam konteks apapun untuk mencari tahu jatidiri bangsa, jujur dalambr / sikap berbangsa, bahwa dengan jatidiri itu agar bangsa Indonesia semakin yakinbr / melangkah dalam melakukan pembangunan, mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Realitas, Teks Pidato, Indonesia Menggugat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item View Item