Implementasi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers Dalam Memberikan Perlindungan Kemerdekaan Pers Bagi Wartawan Kota Bandung

Nurhayati, Iha (2011) Implementasi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers Dalam Memberikan Perlindungan Kemerdekaan Pers Bagi Wartawan Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dalam Memberikan Perlindungan Kemerdekaan Pers Bagi Wartawan Kota Bandung. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat subfokus : Tujuan, Tindakan, dan proses Pelaksanaan dari Undang-Undang Pers sudah dirasakan melindungi wartawan Kota Bandung, untuk mengukur fokus penelitian.br /br /br / Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, penelusuran data online dan dokumentasi. Subfokus penelitian adalah wartawan Kota Bandung dengan Informan 6 (enam) orang dan key informan 2 (dua) orang yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.br /br /br / Hasil penelitian adalah 1). Tujuan Undang-Undang No. 40 Tentang Pers yakni melindungi wartawan sudah dirasakan dalam hal kemerdekaan pers tetapi belum sepenuhnya karena masih ada wartawan yang merasa belum aman dalam menjalankan profesinya. 2). Tindakan Undang-Undang No. 40 tentang Pers dalam melindungi wartawan belum maksimal karena dalam menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan pers masih belum ada ketegasan posisi Undang-Undang tersebut masih dapat terkalahkan oleh Undang-Undang KUHP. 3). Proses pencapaian Undang-Undang No. 40 tentang Pers belum maksimal karena masih banyak masyarakat dan aparat pemerintahan belum memahami hakikat dari profesi jurnalistik dan Undang-Undang yang menaunginya, sehingga masih banyak terjadi kesalah pahaman. Selain itu proses pemahaman dan sosialisasi Undang-Undang ini belum disosialisasikan secara menyeluruh, dan wartawan Kota Bandung rata-rata tidak memahami secara detail dari Undang-Undang Pers tersebut.br /br /br / Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa Implementasi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dalam Memberikan Perlindungan Kemerdekaan Pers Bagi Wartawan Kota Bandung belum dirasakan secara maksimal oeh wartawan karena mereka merasa bahwa kekerasan atau jeratan hukum terhadap mereka mungkin akan terjadi walau pun mereka telah merasakan adanya kemerdekaan pers. Kekuatan Undang-Undang ini masih diragukan oleh wartawan Kota Bandung. Evaluasi terhadap Undang-Undang pers sangat diharapkan agar tuntutan-tuntutan yang belum tercakup dan penegasan posisi Undang-Undang ini segera diperhatikan oleh pemerintah.br /br /br / Saran penelitian adalah agar Semua elemen yang terkait dalam Undang-Undang Pers seperti Dewan Pers, Organisasi Pers, Perusahaan Pers dan wartawan mensosialisasikan atau mengadakan safari Undang-Undang Pers kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan, workshop, seminar di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Kota dan sebagainya sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat dan menghilangkan image negatif terhadap pers. kemudian dibuat kajian komprehensif membahas Undang-Undang Pers antar organisasi wartawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi UU No 40 Tahun 1999, Pers
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item