Perancangan Bumper Program Anak "Shabat Mau Tau?" Di PT. MQTV

Rahiman, Riadi (2012) Perancangan Bumper Program Anak "Shabat Mau Tau?" Di PT. MQTV.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kata ��animasi�� sebenarnya adalah penyesuaian dari kata ��animation��, yang berasal dari kata dasar ��to animate�� yang dalam kamus umum Inggris-Indonesia berarti ��menghidupkan��. Secara umum, animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan atau menggerakkan benda mati. Maksudnya, sebuah benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat, dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak atau hanya berkesan hidup. Sebenarnya, sejak zaman dulu manusia sudah mulai melakukan teknik animasi, yakni dengan mencoba ��menganimasi�� gerak gambar binatang. Hal itu terungkap oleh penemuan para ahli purbakala di gua Lascaux di Spanyol Utara, yang sudah berumur 200.000 tahun lebih. Di dinding gua itu, mereka menemukan gambar binatang dengan jumlah kaki delapan yang posisi badannya tengah bertumpuk-tumpuk. Diduga, dulu manusia purba yang hidup di gua itu telah membuat semacam ��gambar bergerak�� dengan cara menumpuk-numpuk gambar atau sketsa binatang. Di belahan bumi yang lain, di Mesir ada gambar para pegulat sedang bergumul yang susunannya berurutan pada dinding. Para arkeolog memperkirakan dekorasi di dinding itu dibuat oleh orang-orang Mesir kuno pada tahun 2000 sebelum Masehi. Sementara di Jepang, para arkeolog menemukan gulungan lukisan kuno yang memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, yang diperkirakan dibuat pada masa Kerajaan Heian, yakni sekitar tahun 794-1192. Sedangkan di Eropa, pada abad ke-19 sudah muncul mainan yang disebut Thaumatrope. Mainan ini berbentuk lembaran cakram tebal yang di permukaannya terdapat gambar burung dalam sangkar. Kedua sisi kiri dan kanan cakram tersebut diikat dengan seutas tali. Bila cakram tebal itu dipilin dengan tangan, maka gambar burung itu akan tampak bergerak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perancangan Bumper, Program Anak
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21776

Actions (login required)

View Item View Item