Aplikasi Digital Learning System Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional (Studi Kasus SMP Negeri 4 Bandung)

Indah Lestari Nuraeni, Asri (2012) Aplikasi Digital Learning System Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional (Studi Kasus SMP Negeri 4 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMP Negeri 4 Bandung merupakan sekolah dengan standar nasional adapun misi yang ingin dicapai oleh SMP Negeri 4 Bandung yaitu memberdayakan siswa berwawasan IPTEK dan lulusan yang berkualitas sehingga selalu diupayakan berbagai macam skenario pembelajaran. Namun dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SMP Negeri 4 Bandung masih mengalami beberapa kendala terutama dalam keterbatasan waktu.Maka dari itu perlu adanya sebuah media pembelajaran lain diluar jam sekolah yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu Aplikasi Digital Learning System yang bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat menjadi sarana penyampaian materi diluar jam sekolah , media komunikasi, sarana media tugas dan sarana kegiatan tryout yang terkomputerisasi secara online. Tahap pembangunan perangkat lunak aplikasi e-learning ini menggunakan metode classic life style atau waterfall. Adapun tahapan yang pertama kali dilakukan adalah merumuskan sistem seperti apa yang akan dibangun, memahami permasalah dan kebutuhan yang dihadapi, merancang sebuah antar muka dari sistem yang akan di bangun, kemudian perancangan sistem tersebut diterjemahkan dalam sebuah bahasa yang dapat dimengerti mesin kedalam bahasa pemrograman tertentu sampai akhirnya perancangan tersebut direalisasikan sebagai serangkaian program yang t.elah memenuhi spesifikasi kebutuhan dari SMP Negeri 4 Bandung. Aplikasi e-learning ini merupakan media penunjang pembelajaran yang mengadopsi sebuah terobosan terbaru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran secara digital, offline maupun online yang dikemas secara apik dan interaktif. Aplikasi Digital Learning System (DLS) ini dibangun sebagai penunjang keterbatasan waktu penyampaian materi, solusi keterbatasan komunikasi, media tugas, dan sarana kegiatan tryout yang terkomputerisasi secara online (berbasis web). Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi sistem ini dinilai sudah cukup baik dalam membantu proses belajar mengajar, mengatasi keterbatasan waktu di sekolah, terutama dalam mengatasi proses kegiatan try out yang dilakukan secara konvensional/langsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-learning, Digital Learning System (DLS), tryout, classic life style atau waterfall.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item View Item