Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Simpan Pinjam Perempuan Dan Dana Infrastruktur Pada Unit pengelola Kegiataan Kecamatan Sadananya

Taupiq Hidayat, Tatang (2012) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Simpan Pinjam Perempuan Dan Dana Infrastruktur Pada Unit pengelola Kegiataan Kecamatan Sadananya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada kantor UPK Kecamatan Sadananya, ada suatu masalah pada kantor UPK, yaitu belum adanya sistem informasi untuk mengelola segala bentuk proses yang ada di kantor UPK baik dalam hal pendaftaran usulan kegiatan, verifikasi maupun pencairan dana. Selain itu ada masalah lain yaitu dalam verifikasi, penilaian, dan pengambilan keputusan penentuan calon kelompok pemohon dana yang mengajukan permohonan usulan dana yang layak diterima atau ditolak. Untuk menyelesaikan masalah yang ada pada kantor UPK Kecamatan Sadananya serta untuk memperbaiki pelayanan masyarakat, maka diperlukan pembangunan sistem informasi dan sistem pendukung pengambilan keputusan yang bisa mempermudah petugas verifikasi dalam hal memverifikasi, dan menilai kelayakan suatu pemohon dana untuk menerima dana bantuan dengan suatu metode sistem pendukung keputusan (SPK). Maka dengan pembangunan sistem ini, diharapkan akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi pihak kantor UPK . SPK merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan memanipulasi data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktural dan situasi yang tidak terstruktur, Profile matching atau pencocokan profil adalah sebuah mekanisme pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi . Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih, maka dilakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dengan kesimpulan hasil pengujian bahwa memungkinkan terjadinya kesalahan sintaks karena penyaringan proses dalam bentuk arahan tampilan pesan masih belum maksimal ditampilkan, dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan kesimpulan hasil pengujian bahwa sistem dinilai sudah bagus, dapat dipelajari, mudah digunakan, dengan tampilan menarik dan telah sesuai dengan kebutuhan di perusahaan tersebut. Pengujian sistem yang telah dilaksanakan pada perusahaan dapat berguna sebagai pengolahan data pengusul, daa usulan kegiatan, verifikasi usulan kegiatan, dan realisasi usulan kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, UPK , Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Profile matching.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:01
Last Modified: 16 Nov 2016 08:01
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22446

Actions (login required)

View Item View Item