Perbandingan Deteksi Tepi Pada Citra Digital Dengan Menggunakan Algoritma FREI Cen Dan Susan (Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus)

Adhiyatawan, Muhmmad (2012) Perbandingan Deteksi Tepi Pada Citra Digital Dengan Menggunakan Algoritma FREI Cen Dan Susan (Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mata merupakan salah satu panca indra yang digunakan manusia untuk melihat. Namun mata manusia memiliki keterbatasan dalam menangkap sinyal elektromagnetik. Oleh karena itu, diciptakan mesin pencitraan yang dapat menangkap hampir keseluruhan sinyal elektromagnetik. Mesin pencitraan dapat bekerja dengan citra dari sumber yang tidak dapat ditangkap dengan penglihatan manusia. Salah satu teknik pengolahan citra yang digunakan adalah deteksi tepi. Deteksi tepi adalah hal yang umum dalam proses pengolahan citra digital karena merupakan salah satu langkah awal dalam melakukan segmentasi citra, yang bertujuan untuk mempresentasikan objek-objek yang terkandung dalam citra tersebut. Deteksi tepi berfungsi untuk mengidentifikasikan garis batas dari suatu objek terhadap latar belakang yang saling tumpang tindih.Saat ini telah ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk pendeteksian tepi, contohnya adalah metode sobel, canny, prewitt, frei-chen dan SUSAN. Dalam penelitian ini diambil 2 metode untuk perbandingan yaitu algoritma frei-chen dengan algoritma SUSAN. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kedua operator berhasil dengan baik dalam mendeteksi tepi pada sebuah citra. Pada saat mendeteksi tepi pada citra yang mengandung noise algoritma frei-chen lebih baik dalam melakukan pendeteksian tepi. Secara objektif dapat dilihat nilai PSNR (Peak Signals Noise Ratio) yang dimiliki algoritma frei-chen cenderung lebih tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: olah citra digital, deteksi tepi, MSE, PSNR
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:01
Last Modified: 16 Nov 2016 08:01
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item View Item