Pembangunan Aplikasi Ulangan Umum (Berbasis Web) Sebagai Media Evaluasi Kegiatan Belajar - Mengajar Siswa Di SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor

Wibowo, Aji (2013) Pembangunan Aplikasi Ulangan Umum (Berbasis Web) Sebagai Media Evaluasi Kegiatan Belajar - Mengajar Siswa Di SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Evaluasi sudah seharusnya mendapat perhatian khusus dalam proses belajar mengajar. Sebab dengan adanya evaluasi, maka akan terukur sampai dimana keberhasilan peserta didik (siswa) dalam kegiatan belajarnya, serta sampai dimana pula keberhasilan para pendidik (guru) dalam melaksanakan proses mengajarnya. Salah satu bentuk evaluasi dari proses belajar-mengajar adalah kegiatan Ulangan umum. Evaluasi ini bertujuan mengukur keberhasilan dan ketuntasan belajar siswa pada semester tersebut. Hal tersebut yang menjadi alasan perlunya SMA Plus PGRI Cibinong mempunyai aplikasi ulangan umum (berbasis web) sebagai media evaluasi kegiatan belajar-mengajar siswa, guna menunjang segala kebutuhan dalam segala informasi yang berhubungan dengan proses evaluasi kegiatan belajar-mengajar siswa agar lebih mudah efektif dan efisien. Metode Pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah waterfall. Untuk perancangan proses digunakan Flowmap, Diagram Kontek, Data Flow Diagram dan Kamus Data. Pada perancangan basis data, diawali dengan Normalisasi, Entity Relational Diagram dan Tabel Relasi. Sementara untuk perancangan program penulis menggunakan bahasa PHP dan MySQL. Macromedia Dreamweaver MX merupakan program web editor profesional yang digunakan untuk mendesain dan mengolah situs web seperti pemrograman dengan bahasa PHP. Perancangan sistem ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan adanya usaha memaksimalkan sistem informasi sebagai media evaluasi kegiatan belajar-mengajar siswa, maka hasil evaluasi akademik siswa yang ada akan terukur dengan lebih cepat, tepat, efektif dan efisien. Ini merupakan jawaban dari tantangan perkembangan zaman dan teknologi yang memungkinkan segala informasi dan kebutuhan dalam menyokong kemajuan dunia pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Aplikasi Ulangan Umum (berbasis web), Waterfall, Belajar-Mengajar
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item View Item