Tinjauan Atas Sistem Akuntansi Instansi berbasis Akrual Di Sub Bagian Tata Usaha Pusat Sains Dan Teknologi Atmosfer Lapan Bandung

Lusiyana, Fina (2016) Tinjauan Atas Sistem Akuntansi Instansi berbasis Akrual Di Sub Bagian Tata Usaha Pusat Sains Dan Teknologi Atmosfer Lapan Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem informasi mungkin sudah tidak asing bagi kita akhir-akhir ini di mana-mana istilah ini sudah sedemikian sering digunakan mulai dari sekolah, pemerintah daerah dan pusat, universitas, lingkungan bisnis, dan lain-lain. Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis data, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik (Turban, Mc Lean, Wetherbe, 1999). Sistem Informasi Akuntansi sebagai sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mentransformasikan data akuntansi menjadi informasi.Persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam mengimplementasikan sistem akuntansi akrual tersebut diantaranya memberikan training-training (sebanyak 24.000) sebagai pelatihan awal, penyiapan teknologi informasi, dan persiapan dana yang dibutuhkan. Untuk persiapan penyelenggaraan training, Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan workshop implementasi akuntansi pemerintah berbasis akrual dan aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA). Untuk pelaksanaan workshop di daerah, Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan juga bekerja sama dengan Balai Diklat Keuangan di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Terkait dengan penyiapan teknologi informasi telah dihasilkan sistem aplikasi SPAN yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2013, dan sistem aplikasi SAKTI yang rencananya akan dilakukan piloting sistem pada tahun 2014.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item