Analisis Kapasitas Produksi Menggunakan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Terhadap Produk Ring Aki Type 7-A4 Di CV. Inti Karet Bandung

Mahendra, Rio (2013) Analisis Kapasitas Produksi Menggunakan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Terhadap Produk Ring Aki Type 7-A4 Di CV. Inti Karet Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semakin tingginya persaingan di dunia industri akan produk - produk yang dihasilkan, dan banyaknya permintaan konsumen atas suatu produk tersebut, menuntut perusahaan agar selalu berusaha memenuhi permintaan tersebut sampai mencukupi waktu produksi yang yang optimal. CV. INTI KARET merupakan salah satu industri pengolahan karet yang terletak di Bandung. Produk yang dihasilkan perusahaan ini yaitu antara lain berupa Rubber Packing, Rubber Tube, Rubber Plug, Rubber Terminal Cover dan Rubber Pad. Selama ini perusahaan memproduksi barang berdasarkan pesanan dari konsumen (make to order). Produk unggulan yang sering mendapat pesanan terbanyak dari konsumen yaitu rubber packing atau ring aki tipe 7-A4. Data permintaan rubber packing bulan Januari 2010 sampai Desember 2010 pada CV. INTI KARET terjadi peningkatan permintaan konsumen pada setiap periodenya. Dengan terjadinya peningkatan permintaan ring aki khususnya tipe 7-A4 membuat CV. INTI KARET selalu berusaha agar jumlah produksi yang dipesan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk memberi kepuasan terhadap pelanggan, sehingga tidak akan ada pengurangan waktu pelayanan kepada konsumen hanya karena keterlambatan penyerahan produk. Berdasarkan hasil penelitian di CV. INTI KARET diperlukan peningkatan kapasitas produksi baik dari segi penambahan mesin, pengurangan atau penambahan tenaga kerja dan penambahan jam kerja atau lembur. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING (RCCP) untuk enam stasiun kerja di CV. INTI KARET yaitu Pencampuran (Mixing), Rolling, Pemeriksaan, Pencetakan (Press), Pembolongan (Dipon), Pemeriksaan akhir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Demand, peramalan, kapasitas produksi tersedia dan kapasitas produksi yang dibutuhkan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item