Perencanaan dan Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Lemari Bagi 4 Jurusan Dengan Menggunakan Metode MRP (Material Requirement Planning) di PT. PLN (Persero) Jasa dan Produksi Bandung

Eko Prasetyo, Dedi (2013) Perencanaan dan Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Lemari Bagi 4 Jurusan Dengan Menggunakan Metode MRP (Material Requirement Planning) di PT. PLN (Persero) Jasa dan Produksi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk maka semakin dibutuhkan juga akan tempat tinggal, hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi akan kebutuhan jaringan listrik. Dalam memproduksi produk lemari bagi tersebut, perusahaan tidak memiliki bahan baku yang tersedia sehingga perusahaan harus membeli kepada pihak lain. Pada kenyataannya pembelian bahan baku tersebut memiliki kendala yaitu harus melalui proses pemesanan terlebih dahulu, sehingga dalam proses produksinya mengalami keterlambatan di karenakan ketersediaan bahan baku yang tidak menentu ketersediaannya. Kondisi tersebut sudah semestinya menjadi perhatian dalam perencanaan produksi dan bahan baku, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar yang tidak menimbulkan terjadinya keterlambatan produksi yang dapat merugikan perusahaan. Perencanaan dan pengendalian produksi lemari bagi 4 jurusan diantaranya: forecasting 12 periode mendatang berdasarkan plot data demand 12 periode sebelumnya, menentukan Master Production Schedulle (MPS), menghitung lotting, dan MRP (Material Requirement Planning). Dari hasil penelitian dapat dilihat kebutuhan kapasitas produksi untuk melaksanakan MPS, jumlah kebutuhan material serta waktu pemesanan atau pembuatannya dalam rangka memenuhi permintaan produk akhir yang sudah direncanakan dalam MPS, menentukan besarnya kebutuhan minimal dari setiap material yang diperlukan, serta menentukan pelaksanaan rencana pemesanan yang berarti MRP mampu untuk memberikan indikasi kapan pemesanan atau pembatalan atas pemesanan harus dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persediaan bahan baku. MRP (Material Requirement Planning), Lemari Bagi 4 Jurusan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item