Pengaruh Tarif Pajak Terhadap Tax Evasion Dan Implikasinya Pada Penerimaan Pajak (Survey Pada KPP Yang Terdaftar Di Kanwil Jawa Barat I)

Widiastuti, Windy (2013) Pengaruh Tarif Pajak Terhadap Tax Evasion Dan Implikasinya Pada Penerimaan Pajak (Survey Pada KPP Yang Terdaftar Di Kanwil Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tarif pajak adalah tarif untuk menghitung besarnya pajak terutang (pajak yang harus dibayar), besarnya tarif pajak dapat dinyatakan dalam persentase. Tax evasion adalah usaha yang tidak dapat dibenarkan berkenaan dengan kegiatan wajib pajak untuk lari atau menghindarkan diri dari pengenaan pajak. Sedangkan penerimaan pajak adalah kas yang diterima oleh Negara dari kontribusi orang-orang yang dikenakan oleh undang-undang pajak tidak langsung mendapatkan layanan timbal balik (kontra prestasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tarif pajak, tax evasion, penerimaan pajak, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tarif pajak dan tax evasion terhadap penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil Jawa Barat I secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran variabel tarif pajak, tax evasion, dan penerimaan pajak. Sedangkan metode verifikatif digunakan untuk mengetahui hubungan antara tarif pajak dan tax evasion terhadap penerimaan pajak. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tarif pajak dan tax evasion terhadap penerimaan pajak digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Person Product Moment, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan software SPSS 18.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tarif pajak berpengaruh terhadap tax evasion sebesar 59,9%. Selain itu secara parsial maupun simultan tarif pajak dan tax evasion berpengaruh terhadap penerimaan pajak sebesar 79,7%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tarif Pajak, Tax Evasion, Penerimaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item View Item