Analisis Semiotika Foto Headline Pada Harian Pagi Radar Bandung

Nur, Alfian (2013) Analisis Semiotika Foto Headline Pada Harian Pagi Radar Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis semiotika foto headline pada harian pagi radar bandung, dengan cara melihat tanda-tanda yang terdapat pada foto. Sehingga makna dan arti dari tanda, objek, dan interpretant dalam foto headline kecelakaan tersebut dapat diketahui berdasarkan analisis semiotika. Tipe penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif, dengan menggunakan analisis semiotika (semiotic analysis) Charles Sander Pierce. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Subjek penelitian ini adalah foto headline pada harian pagi radar bandung dan Objek penelitian adalah foto headline kecelakaan edisi November 2011. Hasil penelitian ini menunjukan tanda dalam kedua foto headline kecelakaan mobil box cipaganti seruduk Pos KA dan polisi kumpulkan bukti adalah adanya mobil box. Jembatan kutai kartanegara yang terjebur kedalam sungai Mahakam, dan masih adanya sisa-sisa runtuhan jembatan yang masih berada diatas sungai Mahakam, rel kereta api yang menandakan kejadian tersebut berada di area perlintasan jalur kereta api yang terlihat pada latar kejadian. Berdasarkan objek adalah hancurnya sebuah Pos KA hingga tak berbentuk lagi yang diesebabkan mobil box cipaganti dan hancurnya jembatan Kutai Kartanegara yang sebagian bangkai nya putus dan terjebur kedalam sungai Mahakam. Berdasarkan interpretant adanya Mobil box cipaganti dan Jembatan Kutai Kartangera yang masih berada ditempat kejadian perkara. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksankan oleh peneliti dalam menganalisis kedua foto headline kecelakaan, berdasarkan Charles Sander Pierce Semiotika makna sign (qualisign, sinsign, legisign), object (ikon, indeks, simbol) dan interpretant(Rheme, Dicentsign, Argument). Telah mampu menguraikan makna tanda dasar dan terkecil, sehingga makna atau maksud sebenarnya dari foto tragis tersebut dapat diketahui. Saran peneliti, dengan adanya kesinambungan pada penelitian dan diharapakan mampu memberikan masukan terhadap perkembangan pemahaman suatu foto kepada masyarakat, universitas dan peneliti selanjutnya tentang semiotika agar makna yang terkadung dalam foto dapat diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: semiotika foto headline, Pendekatan kualitatif, analisis semiotika Charles Sander Pierce, Harian Pagi Radar Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22814

Actions (login required)

View Item View Item