Strategi Komunikasi Bagian Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Melalui Promosi Tiket Dalam Menarik Minat Pelanggannya

Saputra, Indra (2013) Strategi Komunikasi Bagian Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Melalui Promosi Tiket Dalam Menarik Minat Pelanggannya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi Bagian Pemasaran PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Melalui Promosi Tiket Dalam Menarik Minat Pelanggannya. Untuk menjawab masalah diatas maka peneliti mengangkat indikator Rencana, Pesan, Kegiatan, Tujuan, Media, dan Strategi Komunikasi untuk mengukur penelitian yakni Strategi Komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan pencarian di internet. Informan penelitiannya adalah Bagian Pemasaran PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung yang berjumlah 2 (dua) orang, dan key informan penelitiannya adalah pelanggan kereta api sebanyak 2 (dua) orang . Teknik analisis data adalah penyeleksian data, klasifikasi data, pengolahan data, mengecek kelengkapan data dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan Bagian Pemasaran PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung memiliki rencana yang telah disusun dengan melihat situasi dan kondisi dilapangan, melalui pesan yang bersifat informatif dan persuasif dan melakukan kegiatan promosi tiket untuk mencapai tujuan yaitu untuk menarik minat pelanggan atau meningkatkan okupansi kereta api dan volume penumpang dengan penggunaan media massa untuk menyampaikan informasi pelayanan kemudahan pemesanan tiket melalui call center 121, website www.kereta-api.co.id, akses, indomaret dan kantor pos. bagian pemasaran PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung agar memudahkan pelanggan memesan tiket dengan melakukan strategi komunikasi yang efektif kepada pelanggannya. Kesimpulan dari hasil penelitian Strategi Komunikasi Bagian Pemasaran PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung dalam menarik minat pelanggan PT.Kereta Api Indonesia (Persero) lebih banyak menggunakan media massa dan kerjasama dengan agen- agen penjualan dan beberapa pihak- pihak dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan mengadakan promosi tiket Saran peneliti kepada perusahaan PT.Kereta Api Indonesia (Persero) tetap memberikan informasi tentang pelayanan pemesanan tiket melalui Call Center 121, website dan tetap mempertahankan kerjasama dengan akses, indomaret dan kantor pos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi bagian pemasaran, pendekatan kualitatif, metode deskriptif, PT.KAI (Persero) Kantor Pusat Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22815

Actions (login required)

View Item View Item