Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Aliyah Al - Ahliyah Kota Baru Karawang

Reza Nazarudin Ma Ruf, Mohamad (2013) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Aliyah Al - Ahliyah Kota Baru Karawang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perpustakaan madrasah Aliyah Al-Ahliyah yang terletak di Jl. Jend. Sudirman No.19 Bakan Maja Kota Baru - Karawang, pada saat ini kegiatan proses peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan Madrasah Aliyah Al-Ahliyah masih dilakukan secara manual, (Belum Terkomputerisasi). Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi penyusun dalam melakukan pemetaan terhadap kondisi yang berjalan dengan menetapkan sistem yang baru untuk mengatasi permasalahan yang ada. Sehingga bisa memperbaiki sistem yang lama kemudian merancang sistem informasi perpustakaan, agar dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja pada bagian perpustakaan pada sekolah tersebut serta penggunaan teknologi informasi betul - betul dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh sekolah tersebut. Metode penelitian disini menggunakan metode deskriptif yang prosesnya meneliti suatu objek atau sistem dengan cara mengumpulkan data yang akan dikaji terlebih dahulu kemudian penulis memperoleh suatu gambaran berupa kendala yang dihadapi serta dapat menemukan suatu pemecahan masalahnya, sedangkan untuk metode pengembangan sistemnya menggunakan metode prototype. apabila pada tahap yang sedang berjalan terdapat kekurangan pada tahap sebelumnya dapat dilakukan penambahan atau perbaikan langsung tanpa harus menyelesaikan tahap akhir terlebih dahulu. Adapun perangkat lunak untuk perancangan dan implementasi program menggunakan SQL Server 2000 sebagai database dan Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai editor atau tools untuk membuat SIPUS (Sistem Informasi Perpustakaan), serta Crystal Report sebagai editor atau tools untuk membuat laporannya. Dengan adanya Sistem informasi perpustakaan berbasis client server yang dibuat diharapkan dapat memberikan ke efektifkan kinerja serta mengefisiensi waktu dalam pengolahan data �� data anggota dan data buku, sehingga meningkatkan pelayanan perpustakaan dan mengoptimalkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Sistem Informasi Perpustakaan, Sistem Informasi Perpustakaan berbasis client server
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item