Membangun E-Learning Menggunakan Metode Management System Sebagai Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pada SMA Yayasan Atikan Sunda

Djokopranoto, Agus (2013) Membangun E-Learning Menggunakan Metode Management System Sebagai Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pada SMA Yayasan Atikan Sunda.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di kota Bandung. Sistem pembelajaran yang ada pada SMA Yayasan Atikan Sunda sudah berjalan dengan cukup baik, namun kondisi kelas dalam pembelajaran secara konvensional biasanya kurang nyaman atau bosan terhadap kondisi kelasnya, sehingga berpengaruh terhadap konsentrasi siswa terhadap pembelajaran. Konsentrasi siswa dapat dilihat saat siswa diberikan kesempatan untuk bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung, terdapat siswa malu bertanya kepada guru. Kehadiran siswa maupun guru dapat menjadi faktor batasan pembelajaran secara konvensional. Oleh karena itu, dibangunlah sebuah aplikasi e-learning menggunakan metode learning management system (LMS) sebagai peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Pembelajaran berbasis web merupakan salah satu sistem pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi internet. Pembelajaran berbasis web dirancang sebagai pendukung proses belajar mengajar secara konvensional atau secara tatap muka secara langsung didalam kelas. Metode LMS dipilih karena mampu memberikan pendistribusian materi, tugas, pelatihan berupa soal-soal, dan mampu memberikan evaluasi pembelajaran terhadap pengerjaan soal latihan secara online. LMS berfungsi untuk menyimpan, mengelola dan mendistribusikan berbagai material pelatihan dan ujian yang telah disiapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap e-learing pada SMA Yayasan Atikan Sunda, kesimpulan yang memudahkan monitoring pembelajaran terhadap siswa, memudahkan penyediaan materi dan tugas sesuai kebutuhan, dan mempermudah komunikasi antara guru dan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-learning, learning management system
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item