Pengaruh Retribusi Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah (Survei Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota Di Jawa Barat)

Lalan Hadiat, Asep (2013) Pengaruh Retribusi Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah (Survei Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota Di Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendapatan Asli Daerah terdiri dari beberapa komponen diantaranya yaitu: Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Perusahaan milik Daerah dan Pengelolaan Kekayaan daerah yang di pisahkan serta lain-lain PAD yang Sah. Sedangkan Dana Perimbangan terdiri dari: Bagi hasil pajak, Bagi hasil bukan pajak/Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus. Retribusi adalah pungutan daerah atas pembayaran ijin dan jasa tertentu yang khusus disediakan oleh Pemerintah daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. Tujuan dari pemungutan retribusi adalah untuk meningkatkan pendapatan daerah dan memenuhi Belanja Daerah, akan tetapi di sebagian daerah retribusi tidak bisa memenuhi belanja daerah maka dari itu dana perimbangan yang berasal dari pusat yang berupa dana alokasi umum diharapkan dapat menambah pendapatan daerah sehingga belanja daerah dapat terpenuhi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten/Kota seluruh Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Retribusi Daerah dan Dana alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriftif dan verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial Retribusi Daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap belanja daerah pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat. Dan Dana Alokasi Umum berpengaruh terhadap belanja daerah pada kabupaten dan kota di provinsi Jawa Barat. Selain itu secara simultan baik retribusi daerah maupun dana alokasi umum berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah di Jawa Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Retribusi Daerah, Dana Alokasi Umum, Belanja Daerah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22873

Actions (login required)

View Item View Item