Pengaruh Manajemen Laba Dan MOdal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan (Penelitian PAda Subsektor Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Handayani, Dena (2015) Pengaruh Manajemen Laba Dan MOdal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan (Penelitian PAda Subsektor Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laporan keuangan merupakan suatu pencerminan dari suatu kondisi perusahaan karena di dalam laporan keuangan terdapat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pihak yang berkepentingan dengan perusahaan baik pihak internal maupun eksternal. Nilai perusahaan yang tinggi, yang dicerminkan oleh harga sahamnya diharapkan dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Manajemen Laba tindakan manajer untuk meningkatkan (mengurangi) laba yang dilaporkan saat ini atas suatu unit dimana menajer bertanggung jawab, tanpa mengakibatkan peningkatan (penurunan) profitabilitas ekonomis jangka panjang unit tersebut. Setiap perusahaan harus mengembangkan modal intelektual untuk menghadapi persaingan global. Modal Intelektual merupakan keunggulan kompetitif perusahaan sehingga diharapkan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 laporan keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 laporan keuangan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan tahunan perusahaan pada tahun 2011-2013 yang diperoleh dari situs www.idx.co.id dan situs perusahaan-perusahaan yang terdapat dalam sampel. Penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan analisis regresi berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai hubungan antar variabel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan modal intelektual berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Modal Intelektual dan Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item