Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Survey Pada KPP Di Kanwil Jawa Barat 1)

Yulianti, Dewi (2013) Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Survey Pada KPP Di Kanwil Jawa Barat 1).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam suatu organisasi, akan dapat meningkatkan efesienasi dan mampu bersaing jika informasi sebagai sumber utama dalam melakukan segala aktivitas dapat dikuasai dengan baik. Apalagi pada era globalisasi yang terjadi saat ini yang ditandai dengan reformasi dibidang informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, diperlukannya dukungan manajemen puncak yang baik dan dapat menunjang penerapan sistem informasi akuntansi demi terciptanya informasi yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan manajemen terhadap penerapan sistem informasi akuntansi dn implikasinya pada kualitas informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Unit observasi dalam penelitian ini adalah 10 Kantor Pelayanan Pajak di Kantor Wilayah Jawa Barat 1 dengan unit analisis pegawai pada seksi Pengolahan Data dan Informasi. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson Product Moment, analisis jalur, koefisiean determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan KPP di Kantor Wilayah Jawa Barat 1 memiliki dukungan manajemen puncak yang baik. Sistem informasi akuntansi sudah diterapkan dengan baik dan informasi yang dihasilkan juga sudah berkualitas. Dukungan manajemen puncak memiliki hubungan erat dan berpengaruh positif terhadap penerapan sistem informasi akuntansi. Kemudian secara bersama-sama dukungan manajemen puncak dan penerapan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kualitas informasi dimana penerapan sistem informasi akuntansi berperan yang lebih dominan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dukungan Manajemen Puncak, Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item