Pembangunan Aplikasi Kebudayaan Jawa Barat Berbasis Android Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Noviantari, Sinta (2013) Pembangunan Aplikasi Kebudayaan Jawa Barat Berbasis Android Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jawa Barat khususnya Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan cagar budaya bangunan tua. Berbagai tempat kebudayaan memiliki peran cukup besar dalam memperkenalkan kebudayaan bersejarah. Namun dengan kondisi yang ada sekarang, sejarah suatu tempat kebudayaan sering disalah artikan karena kurangnya media informasi. Dengan pendekatan teknologi diharapkan informasi mengenai bangunan bersejarah bisa tersampaikan pada masyarakat luas dengan tujuan agar bangunan tua dapat dilestarikan. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya Teknologi augmented reality, dimana teknologi ini memungkinkan disisipkan sebuah informasi ke dalam pandangan dunia nyata, sehingga informasi yang diberikan nyata dan realtime. Dengan permasalahan yang ada maka dibangun sebuah Aplikasi ARKebudaayan Jawa Barat dengan implementasi teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality dipilih karena memiliki kelebihan dimana user mendapatkan informasi secara real time dan output yang ingin dihasilkan manampilkan informasi di layar telepon seluler. Aplikasi ini menggunakan platform android karena dilihat dari antusiasme masyarakat mengenai android cukup besar, mudah diakses dan platform ini banyak dikembangkan karena bersifat open source. Aplikasi ini telah dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian Alpha, Betha dan Pengujian Akurasi. Hasil Pengujian Alpha menyatakan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan syntax berjalan sesuai dengan fungsi. Pengujian Betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam menemukan informasi suatu tempat kebudayaan, hal ini sesuai dengan persentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuisioner) yang telah disebarkan. Sedangkan pengujian keakurasian dapat disimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi data AR tidak muncul atau data yang ditampilkan tidak akurat, diantaranya arah sudut pandang, jarak pengambilan gambar dan tambahan objek yang ada salam suatu marker.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ARKebudayaan, Augmented Reality, Android, Markerless, ARLab.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item