Implementasi Augmented Reality Dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking Pada Pembangunan Aplikasi Bandung Tour Guide Berbasis Platform Android

Akbar, Taufik (2013) Implementasi Augmented Reality Dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking Pada Pembangunan Aplikasi Bandung Tour Guide Berbasis Platform Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata bagi turis dalam maupun luar negeri. Keindahan yang dimiliki kota Bandung mulai dari kuliner, fashion, wisata memberikan daya tarik yang berbeda bagi setiap turis untuk berlibur ke kota Bandung. Bagi setiap turis yang baru mengenal wilayah kota Bandung dirasa sangat menyulitkan dengan mendapatkan informasi dan data mengenai lokasi-lokasi yang ingin dikunjungi. Pemandu turis(tour guide) dapat menjadi solusi bagi para turis yang baru mengenal wilayah Bandung agar dapat memberikan informasi-informasi umum yang dibutuhkan para turis, tetapi informasi yang diberikan pemandu turis belum tentu sesuai dengan informasi yang dibutuhkan turis tersebut. Salah satu solusi untuk memperoleh informasi selain melalui pemandu turis yaitu dengan diterapkannya teknologi augmented reality pada aplikasi mobile, sehingga informasi alternatif selain melalui pemandu turis dapat terpenuhi dengan baik. Teknologi augmented reality yang diterapkan tidak menggunakan marker, melainkan menggunakan konsep markerless(tanpa marker) dengan teknik GPS based tracking. Teknologi handphone khususnya smartphone yang sudah berkembang pesat saat ini, mempermudah implementasi augmented reality dikarenakan setiap smartphone yang ada sekarang sudah diintegrasikan dengan GPS, yang kemudian GPS tersebut digunakan sebagai pengembangan metode augmented reality dalam memberikan navigasi terhadap lokasi sekitar. Hasil uji dari aplikasi Bandug Tour Guide ini menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh pengguna, data-data yang ditampilkan mudah diperoleh dan memudahkan pengguna dalam menentukan lokasi yang ingin dituju melalui augmented reality serta bermanfaat bagi pariwisata. Dengan demikian aplikasi Bandung Tour Guide ini dapat menjadi alternatif lain bagi para turis untuk memperoleh informasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: GPS, Augmented Reality, Markerless, Bandung Tour Guide, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item