Penagihan Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Tunggakan Pajak (Survey Pada 10 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Kanwil Jawa Barat I)

Anindita Munggarani, Annis (2013) Penagihan Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Tunggakan Pajak (Survey Pada 10 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Kanwil Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Perpajakan merupakan salah satu instrumen kebijakan fiskal yang dinamis, penerapannya harus senantiasa mengikuti dinamika perekonomian, baik domestik maupun internasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penagihan pajak dan kepatuhan wajib pajak terhadap tunggakan pajak pada 10 Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil DJP Jabar I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petugas pajak bagian penagihan yang berjumlah 36 orang sebagai populasi, dan seluruh populasi dijadikan sampel menggunakan teknik sensus. Untuk mengetahui pengaruh penagihan pajak dan kepatuhan wajib pajak terhadap tunggakan pajak, digunakan uji statistik. Pengujian statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, koefisiensi determinasi dan uji hipotesis yang dibantu menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 17. Selanjutnya hasil pengujian data menunjukkan bahwa pengaruh penagihan pajak terhadap tunggakan sangat kuat, artinya tunggakan pajak sangat dipengaruhi oleh penagihan pajak. Begitu juga dengan kepatuhan pajak, berpengaruh sangat kuat terhadap tunggakan pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pajak, Penagihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Tunggakan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22927

Actions (login required)

View Item View Item