Pengaruh Risiko Materialitas Terhadap Penghentian Prematur Atas Prosedur Audit (Survey Pada Kantor Akuntan Publik Di Bandung)

Rahmayanti, Imas (2015) Pengaruh Risiko Materialitas Terhadap Penghentian Prematur Atas Prosedur Audit (Survey Pada Kantor Akuntan Publik Di Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penghentian prematur atas prosedur audit merupakan salah satu bentuk dari pengurangan kualitas audit. Penghentian prematur atas prosedur audit muncul dari situasi yang umumnya disebut sebagai perilaku pengurangan mutu audit (reduced audit quality-RAQ). Pada penelitian ini diketahui adanya suatu kasus yang menyebabkan terjadinya penghentian premature atas prosedur audit yang terjadi akibat adanya review dangkal atas suatu prosedur audit, adanya risiko deteksi yang terdapat dalam suatu prosedur audi dan pengabaian nilai materialitas dari salah saji. Kasus tersebut terjadi pada PDAM di MTB yang diaudit oleh KAP di Bandung dan Bank Syariah Mandiri di Bogor yang menyebabkan pengurangan kualitas audit atas adanya penghentian premature prosedur audit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dan menggunakan analisis path, koefision korelasi dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung terdiri dari 11 Kantor Akuntan Publik. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 45 auditor dari 5 Kantor Akuntan Publik. Pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik personal kuisioner, di mana kuisioner dikirim ke auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang berada di Bandung. Hasil dari penelitian ini dinyatakan bahwa secara parsial risiko dan materialita berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghentian prematur atas prosedur audit. Dan secara simultan risiko audit dan materialitas berpengaruh signifikan terhadap penghentian prematur atas prosedur audit, sedangkan sisanya merupakan kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Risiko, Materialitas dan Penghentian Prematur Atas Prosedur Audit.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item