Pembangunan Sistem E-Learning Sebagai Sarana Bantu Pembelajaran Di SMA Plus Assalaam Bandung Berbasis Web

Wahyu, Jang (2013) Pembangunan Sistem E-Learning Sebagai Sarana Bantu Pembelajaran Di SMA Plus Assalaam Bandung Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses belajar mengajar menjadi perhatian utama untuk meningkatkan sumber daya manusia. Namun dalam proses tersebut ditemukan beberapa permasalahan, antara lain sulitnya mengirimkan materi kepada pelajar, adanya keterbatasan waktu, kurangnya akses informasi yang didapat oleh pelajar dan beberapa permasalahan lainnya. Permasalahan itulah yang terjadi pula di SMA Plus Assalaam. Banyak cara untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas proses belajar mengajar di SMA Plus Assalaam, salah satunya adalah dengan menerapkan E-Learning sebagai sarana bantu pembelajaran. E-Learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik sebagai pendukungnya. E-Learning mulai dikembangkan oleh kalangan akademis maupun sekolah-sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar. E-learing dapat dilakukan diluar kelas sehingga masalah jarak dan kesulitan dalam mengirim atau menerima materi dapat diatasi. Dalam membangun E-Learning ini, digunakan metodelogi penelusuran dan pengumpulan data terhadap suatu masalah yang nantinya akan memberikan solusi. Awalnya dilakukan pengumpulan data dengan studi literatur, observasi, dan interview kepada guru dan siswa-siswi di SMA Plus Assalaam. Setelah itu tahap pembangunan aplikasi dengan model waterfall, meliputi Pendefinisian Persyaratan, Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dan konseptual rancang basis data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram), Implementasi dan Pengujian Unit menggunakan alat seperti WAMP, MySQL, Dreamweaver dan lainnya. Integrasi dan Pengujian Sistem dengan pengujian black box dan kuesioner, Operasi dan Pemeliharaan Sistem. Berdasarkan proses yang telah dilakukan dalam membuat sistem, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem E-Learning di SMA Plus Assalaam dapat membantu proses pembelajaran yang dilakukan pengajar maupun pelajar di SMA Plus Assalaam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses belajar mengajar menjadi perhatian utama untuk meningkatkan sumber daya manusia. Namun dalam proses tersebut ditemukan beberapa permasalahan, antara lain sulitnya mengirimkan materi kepada pelajar, adanya keterbatasan waktu, kurangnya akses informa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22994

Actions (login required)

View Item View Item