Pembangunan Aplikasi Natural Language Processing Untuk Pembuatan Chat Bot Berbasis Web (Di Universitas Komputer Indonesia)

Ridwan, Fendy (2013) Pembangunan Aplikasi Natural Language Processing Untuk Pembuatan Chat Bot Berbasis Web (Di Universitas Komputer Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa alami (natural language) merupakan media yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi antar sesama. Namun saat ini, dengan menggunakan teknologi, terutama dalam bidang kecerdasan buatan dapat menjadikan bahasa yang digunakan manusia sebagai media komunikasi dengan komputer. Yaitu NLP atau (Natural language Processing) merupakan salah satu bidang kecerdasan buatan. dimana Ttujuan dari bidang NLP ini adalah melakukan proses pembuatan model komputasi dari bahasa, sehingga dapat terjadi suatu interaksi antara manusia dengan komputer dengan perantara bahasa alami., Salah satu aplikasi penerapan natural language processing salah satunya adalah chat bot. Chat bot merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks. Respon yang dihasilkan merupakan pemindaian atau pencocokan pattern di database kata kunci pada inputan pengguna dengan menggunakan algoritma brute force dan menghasilkan respon balasan yang dianggap paling cocok dari database sehingga percakapan yang terjadi seakan-akan dilakukan oleh dua pribadi manusia yang saling berkomunikasi. Dengan menggunakan chat bot diharapakan dapat menggantikan pekerjaan operator yang memiliki jumlah dan waktu yang terbatas dalam memberikan informasi. sebagai alat penyedia informasi yang interaktif dan menarik yang dapat memberikan layanan informasi tanpa ada keterbatasan waktu, karena pengunjung dapat mengaksesnya melalui internet. Kepintaran chat bot ditentukan oleh banyaknya kosa kata yang ada dalam brain file. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses learning dalam sistem chat bot agar dapat mempermudah dalam memanipulasi data brain file. Untuk pengembangan sistem lebih lanjut, perlu diperhatikan pada beberapa hal seperti penambahan data brain file yaitu pattern kata kunci dan responnya dan serta penerapan metode penalaran yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahasa Bahasa alami (natural language), kecerdasan buatan, chat bot, NLP (Natural Language Processing, algoritma brute force, learning, brain file
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23032

Actions (login required)

View Item View Item