ANALISA STRATEGI BISNIS PADAPERUSAHAAN PENYEDIA JASA B2B E-COMMERCE

Hidayati, Dessy (2001) ANALISA STRATEGI BISNIS PADAPERUSAHAAN PENYEDIA JASA B2B E-COMMERCE.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini dan ke depan, B2B e-commerce menjadi pilihan bagi pemain bisnis di bidang e-commerce, karena melihat prospek pertumbuhannya. Dengan semakin berkembangnya bisnis e-commerce, pemain yang tidak memahami lingkungan eksternal dan internalnya dalam menentukan strategi bisnis yang sesuai dengan visi dan misinya akan kalah bersaing dan dan tidak dapat diselamatkan. Analisa penulisan karya akhir ini dilakukan untuk melihat strategi bisnis yang bagaimanakah yang dapat diterapkan oleh PT Indosatcom Adimarga sebagai penyedia jasa B2B e-commerce dengan melihat aspek lingkungan eksternal dan internal di tengah maraknya perkembangan dunia cyber. Perumusan strategi bisnis dilakukan dengan menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan berdasarkan kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Analisa portofolio dengan menggunakan metode matriks daya tarik industri dan kekuatan bisnis yang dikembangkan oleh General Electric dan McKinsey&Co dilakukan untuk mengetahui posisi bisnis perusahaan dalam industri B2B e-commerce. Formulasi strategi dilakukan dengan memperhatikan dan menggabungkan hasil analisa portofolio dan alternatif strategi yang dihasilkan analisa SWOT, faktor kunci sukses, visi dan misi perusahaan serta strategi generik Porter.Hasil dari analisa ini adalah alternatif usulan strategi perusahaan untuk menghadapi kondisi di masa yang akan datang berdasarkan aspek lingkungan eksternal dan internalnya, yaitu: (a) penetrasi dan pengembangan pasar dengan jalan meningkatkan fungsi riset, mengoptimalkan fungsi pemasaran khususnya aktivitas promosi baik secara online maupun offline, melakukan strategi aliansi dan mengoptimalkan fungsi keuangan, (b) memelihara dan meningkatkan fungsi manajemen dan organisasi yang berkualitas, (c) memelihara dan meningkatkan citra perusahaan, (d) membentuk brand loyalty, (e) meningkatkan kualitas produk dan layanan dengan membangun dan memelihara infrastruktur komunikasi dan layanan yang handal, (f) mengembangan produk yang sekaligus dapat meningkatkan pengelolaan hubungan dan pemeliharaan dengan pelanggan. Strategi generik Porter yang diusulkan dalam studi kasus ini adalah diferensiasi.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Manufacture > Manag. Of Business Adm.-Tech. > 2001
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item