Rancang Bangun Arsitektur Cloud Computing Pada E-Desa Sebagai Layanan Akses Informasi Desa (Studi Kasus Beberapa Desa Di Kecamatan Cimenyan)

Nurani Muflihah, Syifa (2013) Rancang Bangun Arsitektur Cloud Computing Pada E-Desa Sebagai Layanan Akses Informasi Desa (Studi Kasus Beberapa Desa Di Kecamatan Cimenyan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Desa sebagai bagian terkecil dari sistem pemerintahan administratif di Indonesia masih melakukan pekerjaan konvensional dalam hal pengolahan dan penyampaian informasi desa. Oleh karena itu desa memiliki keinginan yang besar untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dewasa ini terdapat beberapa situs desa yang telah dibangun untuk menyampaikan informasi desa. Pengembangan situs telah dilakukan dengan banyak cara, mulai dari yang dibangun dengan tools pengembangan web sederhana dan bersifat statis, hingga CMS (Content Management System) yang rumit. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang dapat menciptakan keseragaman format konten situs desa dan mengatasi permasalahan yang ada di desa. Dengan menerapkan cloud computing, dapat dibangun suatu arsitektur layanan pengolahan dan akses informasi desa bernama E-Desa, yang merupakan public service berupa layanan Software as a Service (SaaS) dalam bentuk CMS, serta layanan Infrastruktur as a Service (IaaS) sebagai sumber daya pemroses dan media penyimpanan data terpusat pada Virtual Private Server (VPS). Layanan E-Desa bisa digunakan oleh banyak desa, siap pakai, on demand, mampu mengolah serta menyimpan data dan informasi desa. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengujian, dapat disimpulkan bahwa E-Desa mampu menciptakan keseragaman dan kemudahan bagi pemerintah desa dalam mengolah dan menyampaikan informasi desa, sehingga akses informasi desa menjadi lebih cepat, mudah, dan murah, tanpa terhalang oleh batasan tempat, jarak, dan waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Desa, Cloud Computing, Software as a Service (SaaS), Infrastruktur as a Service (IaaS), Virtual Private Server (VPS)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item