Pembangunan Aplikasi Bantu Kecerdasan Buatan Pembelajaran Dan Penyelesaian Pada Permasalahan Ruang Keadaan (State And Space)

Wibowo, Ari (2013) Pembangunan Aplikasi Bantu Kecerdasan Buatan Pembelajaran Dan Penyelesaian Pada Permasalahan Ruang Keadaan (State And Space). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalahan ruang keadaan merupakan salah satu permasalahan yang dipelajari dalam bidang ilmu kecerdasan buatan. Permasalahn ruang keadaan membahas tentang suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin. Kriteria permasalahan ini identik dengan permasalahan tempat, kondisi dan waktu. Salah satu permasalahan umum yang terdapat dalam ruang keadaan ini adalah Farmer��s problem (permasalahan petani) yang dapat dideskripsikan sebagai berikut, seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayur-sayuran dengan sebuah rakit yang melalui sungai. Penyelesaian permasalahan ini menggunakan metode Searching yaitu pencarian melebar pertama (Breadth-First Search), dimana dalam langkah penyelesaiannya menggunakan pohon pelacakan terpendek. Pada metode ini dapat diterapkan dalam sebuah algoritma pemrograman komputer, sehingga dapat dibuatkan perangkat lunak komputer atau aplikasi yang dapat membantu pembelajaran dan penyelesaian permasalahan ruang keadaan. Pada tugas akhir ini, perangkat lunak atau aplikasi yang dirancang adalah aplikasi yang dibangun untuk membantu akademisi dalam mempelajari dan menyelesaikan contoh kasus permasalahan ruang keadaan. Representasi pengetahuan yang digunakanadalah tabel keputusan, pohon pelacakan serta aturan kaidah produksi berbentuk IF-THEN-ELSE. Metode pencariannya menggunakan Breadh First Search. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dapat membantu akademisi dalam mempelajari dan menyelesaikan permasalahan ruang keadaan. Informasi dikemas dalam sebuah simulasi sehingga menghasilkan tampilan kombinasi penyelesaian serta hasil akhirnya yaitu solusi akhir tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan buatan, permasalahan ruang keadaan, breadth-first search
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23070

Actions (login required)

View Item View Item