Implementasi Suffix Tree Clustering Untuk Pengelompokan Dokumen Hasil Pencarian Online Pada Mesin Pencari Dan Jejaring Sosial

Machpudin Suryana, Jajang (2013) Implementasi Suffix Tree Clustering Untuk Pengelompokan Dokumen Hasil Pencarian Online Pada Mesin Pencari Dan Jejaring Sosial.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pencarian terhadap suatu dokumen merupakan hal yang sering dilakukan. Namun seringkali pencarian yang dilakukan tidak menghasilkan hasil yang optimal. Pengguna kadangkala harus menelusuri beberapa halaman untuk mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan, terlebih untuk beberapa hal yang spesifik dan jarang ditemukan. Tentu saja hal tersebut akan memakan waktu yang tidak sedikit. Clustering merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengelompokan hasil pencarian ke dalam kelas-kelas tersendiri, tanpa harus ditentukan terlebih dahulu kelas-kelas apa saja yang harus ada sebagai penampungnya. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk proses mengelompokan dokumen adalah algoritma Suffix Tree Clustering, yang nantinya akan digunakan untuk mengelompokan hasil pencarian yang dilakukan seorang pengguna. Algoritma ini dapat diterapkan secara langsung ke dalam hasil pencarian yang diberikan oleh mesin pencari ataupun jejaring sosial. Masukan untuk pengelompokan dokumen menggunakan algoritma Suffix Tree Clustering ini adalah snippet yang didapat dari hasil pencarian. Snippet ini akan diproses untuk didapatkan topik yang dikandungnya. Suatu snippet dapat memiliki lebih dari satu topik, oleh karena itu, kemampuan algoritma Suffix Tree Clustering untuk mengelola dokumen yang memiliki lebih dari satu topik cocok digunakan untuk mengelompokan dokumen hasil pencarian. Dengan adanya algoritma ini, diharapkan proses pencarian informasi yang dilakukan oleh seorang pengguna dapat dilakukan dengan lebih cepat, sehingga dapat mengoptimalkan waktu yang digunakan untuk melakukan pencarian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pencarian, Suffix Tree Clustering, mesin pencari, jejaring sosial
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item