Pembangunan Aplikasi E-Commerce Penjualan Komputer Pada Eka Darma Computer

Firmansyah, Hamdan (2013) Pembangunan Aplikasi E-Commerce Penjualan Komputer Pada Eka Darma Computer. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Eka Darma Computer (atau sering juga disebut dengan nama Darmacom) merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan berbagai macam kebutuhan komputer dan aksesoris komputer. Darmacom memiliki permasalahan yang terjadi diantaranya sistem yang berjalan saat ini masih menerapkan prosedur belanja konvensional, dimana pelanggan harus datang langsung ke toko Darmacom untuk melakukan proses pembelian dan pembayaran produk. Sistem manual pun masih diterapkan untuk pencatatan transaksi penjualannya serta belum memiliki media promosi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut serta menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, Darmacom ingin menerapkan teknologi untuk proses bisnisnya dengan cara mengimplementasikan Electronic Commerce atau yang biasa dikenal dengan e-commerce. Pembangunan website e-commerce pada Darmacom ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk administrator dan pelanggan. Pada website administrator terdapat fasilitas untuk mengolah data master, mengelola transaksi, pembuatan laporan serta backup dan restore. Sedangkan pada website pelanggan dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran member, dapat melakukan pemesanan, pembayaran melalui PayPal maupun transfer antar bank serta retur barang. Website e-commerce ini dilengkapi dengan Security Socket Layer (SSL) untuk memberikan jaminan keamanan kepada konsumen maupun pemilik perusahaan. Hasil dari pengujian alpha dan beta dapat disimpulkan bahwa fungsi pada sistem telah menhasilkan keluaran yang sesuai dengan yang diharapkan. Pembangunan aplikasi e-commerce pada toko Darmacom dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian, dapat membantu toko dalam proses promosi kepada masyarakat luas serta memberikan kemudahan dalam pengolahan data dan pembuatan laporan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, sistem penjualan, teknologi informasi penjualan, pemesanan dan pembayaran online, internet
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item