Aplikasi Forecasting Untuk Memprediksi Target Pengguna Produk Bank Tabungan Negara (Persero) Di PT. Bank Tabungan Negara Cabang Ciputat

Tistanto, (2013) Aplikasi Forecasting Untuk Memprediksi Target Pengguna Produk Bank Tabungan Negara (Persero) Di PT. Bank Tabungan Negara Cabang Ciputat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.Bank Tabungan Negara (persero) merupakan salah satu badan usaha milik Negara (BUMN), dalam proses internal bisnis pada PT.Bank Tabungan Negara memiliki berbagai produk tabungan yang memerlukan banyak nasabah. Berdasarkan data nilai Neraca produk dan data nilai RKAP pada tahun 2011 PT.Bank Tabungan Negara (persero) dinyatakan bahwa produk belum mencapai target yang telah ditentukan, untuk membantu dalam mencapai target produk membutuhkan informasi mengenai jumlah pengguna produk pada periode mendatang sehingga memerlukan sebuah sistem forecasting yang dapat memprediksi jumlah pengguna produk. Pembangunan aplikasi forecasting berbasis client server dengan menggunakan bahasa pemrograman java, MySQL sebagai database, metodologi penelitian menggunakan metode waterfall, model analisis yang digunakan adalah pemodelan berorientasi objek. Alat yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan suatu proses, use case diagram untuk melukiskan perilaku sistem, sequence diagram untuk menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem, collaboration diagram untuk menggambarkan peranan masing-masing objek, class diagram menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, activity diagram untuk menggambarkan fungsionalitas sistem. Metode peramalan yang digunakan yaitu metode peramalan smoothing, metode ini dipilih karena mampu menghasilkan nilai forecast error terkecil sehingga hasil peramalannya akan mendekati nilai aktual. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi forecasting untuk memprediksi target pengguna produk Bank Tabungan Negara (persero) yang dibangun dapat menghasilkan nilai peramalan yang akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses internal Bisnis, Forecasting, Metode Peramalan Smoothing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item