Membangun Data Mart Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Studi Kasus Sentra Bisnis Kartu PT. Bank Negara Indonesia Bandung)

Rudiansyah, Agus (2013) Membangun Data Mart Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Studi Kasus Sentra Bisnis Kartu PT. Bank Negara Indonesia Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

BNI Card Center yaitu Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu kredit yang memiliki tugas memberikan pelayanan yang terbaik untuk para nasabah atau Cardholder. Sentra Bisnis Kartu Kredit bandung melakukan pengelolaan atau pemprosesan aplikasi kartu kredit,pemasaran kartu kredit, menerima aduan dari nasabah atau Cardholder serta pemeliharaan asset kartu kredit Bank Negara Indonesia. Selama ini di Bank Negara Indonesia menggunakan program yang berbasis DOS untuk melakukan transaksi baik pengajuan dan pembayaran kartu kredit beserta prosesnya. Program yang digunakan tersebut hanya dapat menampilkan beberapa laporan. Untuk melakukan sebuah analisis, pihak bank harus mengambil data dari laporan Microsoft Excel. Oleh karena itu PT. Bank Negara Indonesia membutuhkan suatu sistem data warehouse untuk membantu pihak manajemen dalam menganalisis terhadap kenaikan dan penurunan jumlah nasabah yang mengajukan aplikasi kartu kredit. Data mart adalah bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisis data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan dalam menganalisis data yang ada untuk mendukung pengambilan keputusan yang bersifat strategis secara cepat dan tepat. Pembangunan data mart ini menggunakan pemodelan data skema Star dan perancangan OLAP (On-Line Analytical Processing), untuk pengolahan dan analisis datanya dengan menggunakan teknik Pivoting. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap sistem yang telah dibuat. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi ini dapat memudahkan pihak manajemen dalam mendapatkan informasi secara detail mengenai penjualan kartu kredit BNI di setiap cabang yang ada di Jawa Barat secara akurat dan lebih baik, serta memudahkan dalam laporan yang digunakan untuk analisis sebagai strategi bisnis penjualan kartu kredit BNI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data mart, Data Warehouse,Skema Star, Olap, Pivoting
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item