Upaya peningkatan kinerja PT NTP melaluipenerapan konsep Balance Scorecard

Susilo, Eddi (2012) Upaya peningkatan kinerja PT NTP melaluipenerapan konsep Balance Scorecard.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Akibat lemahnya daya saing PT NTP, adanya krisis ekonomi serta liberalisasi perdagangan, maka sejak awal 1999 pendapatan perusahaan ini menurun 30% dan terjadi kesenjangan (Gap) antara rencana penjualan dengan penjualan aktual. Apabila tidak dilakukan perubahan yang signifikan, pendapatan diprediksi akan menurun terus sehingga kesenjangan semakin melebar, dan dikuatirkan dapat membahayakan perusahaan. Dari kajian kinerja diketahui bahwa kelemahan perusahaan itu, diakibatkan karena kelemahan sistem manajemen yang ada. Agar perusahaan dapat tetap bertahan, perlu perubahan pada sistem manajemennya kearah yang dianggap handal terhadap pengaruh lingkungan yang cepat berubah. Pemilihan BSC (Balance Scorecard) dianggap paling tepat sebagai alternatif manajemen baru. Rancangan penerapan konsep BSC menggunakan RJP PT NTP tahun 2000-2004 sebagai titik referensi, dan bertumpu pada 4 Perspektif yang penting yaitu: Finansial, Konsumen, Proses Bisnis Internal serta Pengembangan SDM, yang diperoleh melalui alur cause-and-effect. Keempat perspektif ini menghasilkan usulan target serta inisiatif strategis pada setiap Result Area dan Indikator kinerja yang diamati, bagi semua tingkatan dalam organisasi. Hasil dari 4 perspektif ini dianggap sebagai instrumen penting bagi manajemen PT NTP untuk mengarahkan bisnisnya kesasaran strategis sesuai perintah RUPS-NTP yang bertumpu pada KepMenKeu No 198/KMK.016/1998. Set-up penerapan BSC pada awal tahun 2001di NTP, dimulai dari peranan dan tanggung jawab manajemen puncak, usaha sosialisasinya serta partisipipasi seluruh karyawan, arsitek BSC, tim pelaksana, sampai dengan penjadwalannya. Pola umpan balik dalam konsep Balance Scorcard, membuat pembelajaran strategi di PT NTP menjadi lengkap, sehingga perbaikan berkelanjutan yang terstruktur tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Manufacture > Manag. Of Business Adm.-Tech. > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item