Pengaruh Gaji Dan Penghasilan Tidak Kena Pajak Terhadap Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus Pada PT. Jasuka Bangun Pratama)

Irawan, Deddy (2013) Pengaruh Gaji Dan Penghasilan Tidak Kena Pajak Terhadap Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus Pada PT. Jasuka Bangun Pratama).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak penghasilan diwajibkan bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan yang ditetapkan oleh Undang-Undang Pajak Penghasilan yang memberi wewenang penuh kepada wajib pajak untuk menghitung, membayar dan melaporkan sendiri jumlah pajak terutang. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya gaji dan Penghasilan Tidak Kena pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaji dan penghasilan tidak kena pajak terhadap pajak penghasilan orang pribadi di PT. Jasuka Bangun Pratama. Metode digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah gaji, penghasilan tidak kena pajak dan pajak penghasilan orang pribadi tahun 2010 pada 19 karyawan di PT. Jasuka Bangun Pratama. Adapun rancangan analisis uji hipotesis dalam penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mayoritas gaji pegawai PT. Jasuka Bangun Pratama antara Rp. 15,000,000 sampai Rp. 30,000,000, mayoritas Penghasilan Tidak Kena Pajak pegawai PT. Jasuka Bangun Pratama antara Rp. 15,840,000 dan mayoritas Pajak Penghasilan Orang Pribadi pegawai PT. Jasuka Bangun Pratama antara Rp. 1,000 sampai Rp. 500,000. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaji dan penghasilan tidak kena pajak secara bersama-sama sangat signifikan terhadap penghasilan pajak orang pribadi pada PT. Jasuka Bangun Pratama. Secara parsial menunjukkan bahwa gaji berpengaruh sangat signifikan terhadap penghasilan pajak orang pribadi pada PT. Jasuka Bangun Pratama dan penghasilan tidak kena pajak berpengaruh signifikan terhadap penghasilan pajak orang pribadi pada PT. Jasuka Bangun Pratama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaji, Penghasilan Tidak Kena Pajak, Penghasilan Pajak Orang Pribadi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item