Perilaku Komunikasi Seniman Tato (Studi Deskriftif Mengenai Perilaku Komunikasi Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Seniman Tato Di Kota Bandung)

Ayulia, Annisa (2015) Perilaku Komunikasi Seniman Tato (Studi Deskriftif Mengenai Perilaku Komunikasi Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Seniman Tato Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan ananlisis tentang perilaku komunikasi seniman tato secara umum dan secara khusus tentang komunikasi verbal, komunikasi non verbal, dan motif yang melatari perilaku komunikasi seniman tato di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif dengan informan utama berjumlah empat orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, obervasi, studi pustaka, dokumentasi, internet searching. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perilaku komunikasi seniman tato di Kota Bandung dapat dilihat dari bahasa verbal, nonverbal, serta motif yang melatari perilaku komunikasi seniman tato di Kota Bandung. Pada komunikasi verbal terdapat istilah-istilah verbal yang digunakan seperti geliw, mahasiwa, kami, umak, uka, heriw, tresing, sket, green soap. Pada komunikasi non verbal mereka melakukan bahasa tubuh pada saat bersalaman, gerakan tangan dengan cara menggerakan tangan keluar dan kedalam sebagai tanda istirahat ketika proses pembuatan tato berlangsung. Kontak mata yang dilakukan adalah dengan memperbesar bola dan menggerakan bola mata sebagai pertanda jika ada suatu hal yang mengganggu seniman tato di Kota Bandung, juga selalu memakai baju rwarna hitam, dan memasang tindik tubuh sebagai tanda kelelakian bagi seniman tato di Kota Bandung. Lalu pada motif, motif yang melatari perilaku seniman tato di Kota Bandung dapat dilihat dari bahasa verbal serta bahasa nonverbal yang mereka gunakan setiap hari juga dan juga motif yang melatari perilaku seniman tato di Kota Bandung dapat dilihat dari motif masa lalu dan motif masa depan. Kesimplan dari penelitian ini adalah perilaku komunikasi yang dilakukan oleh seniman tato di Kota Bandung terlihat dari bahasa verbal, bahasa nonverbal serta motif yang melatari perilaku komunikasi seniman tato di Kota Bandung. Akhirnya peneliti menyarankan agar seniman tato lebih banyak menunjukan hal-hal positif jika ingin diterima oleh masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi verbal, Komunikasi non verbal, Motif, Perilaku Komunikasi, dan Seniman Tato
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23201

Actions (login required)

View Item View Item