Pola Komunikasi Guru TK Wanita Di Taman Kanak-Kanak Fathussalaam Al-Mubaarok kecamatan Cicendo (Studi Deskriptif Mengenai Pola KOmunikasi Guru TK Wanita Dalam Menerapkan Ajaran Islam Kepada Muridnya Di Taman Kanak -Kanak Fathussalaam Al-Mubaarok Kecamatan

Setiani Puspisari, Indri (2015) Pola Komunikasi Guru TK Wanita Di Taman Kanak-Kanak Fathussalaam Al-Mubaarok kecamatan Cicendo (Studi Deskriptif Mengenai Pola KOmunikasi Guru TK Wanita Dalam Menerapkan Ajaran Islam Kepada Muridnya Di Taman Kanak -Kanak Fathussalaam Al-Mubaarok Kecamatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru TK wanita dalam menerapkan ajaran Islam kepada muridnya. Untuk menjawab penelitian tersebut, diangkat sub fokus kebiasaan, cara, dan symbol-simbol untuk menganalisa focus penelitian yaitu pola komunikasi guru TK wanita dalam menerapkan ajaran Islam kepada muridnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan design penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah para guru TK wanita Fathussalaam Al-Mubaarok di Kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh informan sebanyak 3 (tiga) orang, dan informan pendukung sebanyak 3 (tiga) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian: 1) Kebiasaan sebelum belajar dimulai para murid mengucapkan salam kepada gurunya, dan kemudian bermain bersama dihalaman sekolah untuk memancing semangat dipagi hari. 2) Cara para guru melakukan evaluasi dalam belajar dan praktek-praktek keagamaan agar membiasakan para murid dan mengasah ilmu yang sudah diajarkan. 3) symbol-simbol tidak hanya verbal yang dilakukan melainkan secara nonverbal menunjukan ekspresi wajah dengan senyuman, kontak mata, volume suara yang tegas sehingga akan memberikan perhatian dalam proses belajar berlangsung. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi guru TK wanita di Fathussalam Al-Mubaarok dilihat dari proses komunikasi dalam penyampaian materi secara dua arah, sehingga mendapat tanggapan dan umpan balik secara langsung dari para murid akan tetapi hambatan selalu terjadi.Saran untuk para guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk lebih memperkenalkan pengetahuan tentang ajaran Islam dan pengetahuan lainnya kepada murid. Kata kunci: Pola Komunikasi, Kebiasaan, Cara, dan Simbol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Kebiasaan, Cara, dan Simbol.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item