Representasi Kemajemukan Masyarakat Indonesia Dalam Iklan Indomie "Kehangarab Ditengah Perbedaan" (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi kemajemukan Masyrakat Indonesia Dalam Iklan Indomie "Kehangatan Ditengah Perbedaan")

Fahmawati, Putri (2015) Representasi Kemajemukan Masyarakat Indonesia Dalam Iklan Indomie "Kehangarab Ditengah Perbedaan" (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi kemajemukan Masyrakat Indonesia Dalam Iklan Indomie "Kehangatan Ditengah Perbedaan").

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representasi Kemajemukan Masyarakat Indonesia dalam iklan Indomie Kehangatan Ditengah Perbedaan. Sub fokus dari penelitian ini yaitu mengetahui makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos/Ideologi. Metode Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, internet searching dan studi lapangan dengan mewawancarai narasumber. Objek yang dianalisis adalah tiga sequence yang terdapat dalam iklan Indomie Kehangatan Ditengah Perbedaan. Hasil penelitian tanda denotatif pada iklan indomie kehangatan ditengah perbedaan ini memperlihatkan kebudayaan Tionghoa dan kebudayaan lokal yang ada di Indonesia. Tanda konotatif yaitu pandangan masyarakat Indonesia pada kaum Tionghoa mengenai kebudayaan dan agama yang mereka anut. Mitos/ideologi yang dapat diambil yaitu kaum Tionghoa yang ada sejak dahulu dijadikan sebagai kaum minoritas di Indonesia. Kesimpulan yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian mengenai Representasi Kemajemukan Masyarakat Indonesia dalam iklan Indomie Kehangatan Ditengah Perbedaan memperlihatkan beragamnya masyarakat, kebudayaan, dan agama yang ada di Indonesia. Saran bagi penggarap iklan agar menciptakan iklan yang berkarakter dan berkualitas baik, memiliki cara pandang modern namun tidak melupakan budaya tradisional sebagai identitas bangsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemajemukan Masyarakat Indonesia, Iklan, Semiotika, Roland Barthes.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item