PERUMUSAN STRATEGI PEMASARANSBU AERO ENGINEPT NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI

Julianto, Joni (2012) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARANSBU AERO ENGINEPT NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI, berdiri pada tahun 1998, merupakan anak perusahaan PT Industri Pesawat Terbang Nusantara, mempunyai tiga Strategic Business Unit (SBU), dimana salah satunya adalah SBU Aero-Engine, yang bertugas untuk melayani purnajual dari mesin-mesin pesawat terbang dan helikopter hasil produksi IPTN, dan melayani bisnis pemeliharaan dan perawatan mesin- mesin pesawat terbang produksi IPTN dan beberapa mesin-mesin pesawat terbang yang bukan produksi IPTN.Tujuan perusahaan adalah menjadi perusahaan pemeliharaan dan perawatan turbin pesawat terbang & helikopter dan turbin industri yang kompetitif secara nasional dan regional Asia-Pasifik. Pasar bagi produk jasa pemeliharaan dan perawatan mesin-mesin pesawat terbang baik didalam negeri maupun Asia-Pasifik masih cukup besar, bagi SBU Aero-Engine untuk meningkatkan pendapataannya. Persaingan didalam bisnis jasa ini mengalami persaingan yang sangat ketat dengan ikutnya original engine manufacture didalam bisnis jasa ini, sehingga persaingan yang terjadi adalah pada arena persaingan strongholds dan deep pocket.Permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah bagaimana perencanaan dan strategi pemasaran dari SBU Aero-Engine akan dilakukan untuk dapat meningkatkan daya saing, supaya perusahaan lebih dekat dengan konsumennya, dapat mengatasi ancaman-ancaman persaingan dan memperkuat keunggulan persaingan agar tetap dapat bertahan dalam jangka waktu pendek dan dalam jangka waktu menengah dan panjang perusahaan dapat tumbuh dengan cepat. Menghadapi permasalahan tersebut dilakukan analisis situasi pasar, mendesain strategi pemasaran dan pengembangan program pemasaran.Berdasarkan analisis dan pembahasan yang dilakukan, disimpulkan untuk dapat bertahan didalam bisnis ini SBU Aero-Engine perlu untuk meningkatkan mutu pekerjaannya, penyerahan tepat waktu bagi produknya dan peningkatan keahlian personil-personil yang bertanggung jawab pada bidang pemasaran. Jangka pendek memisahkan organisasi pemasaran dengan penjualan dan organisasi pengembangan perbaikan dengan enjineering serta melakukan perbaikan dari segmentasi yang ada. Segera melakukan perbaikan-perbaikan internal perusahaan untuk memperbaiki posisi dari produk JT 8D dan Tay, disamping itu pula melakukan perbaikan-perbaikan dari strategi penetapan harga dan strategi promosi yang dipergunakan pada saat ini. Strategi aliansi di masa mendatang akan merupakan suatu alternatif strategi yang paling baik bagi perusahaan untuk segera dipertimbangkan, agar dapat bertahan dan tumbuh dengan cepat dan memenangkan persaingan yang semakin rumit dimasa mendatang.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Manufacture > Manag. Of Business Adm.-Tech. > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item