Peranan Humas Dan Protokol Sekretariat Dprd Provinsi Jawa Barat Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Wartawan Melalui Website http://dprd.jabarprov.go.id

Rinaldi, Aldian (2013) Peranan Humas Dan Protokol Sekretariat Dprd Provinsi Jawa Barat Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Wartawan Melalui Website http://dprd.jabarprov.go.id.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat dalam memenuhi kebutuhan informasi wartawan melalui website http://dprd.jabarprov.go.id dalam hal ini meneliti Humas dan Protokol sebagai Fasilitator Komunikasi, dan Teknisi Komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka, ditunjang oleh internet searching serta dokumentasi dengan jumlah informan empat orang yang terdiri dari tiga orang staf Humas dan Protokol dan satu orang anggota wartawan yang dianggap dapat mewakili wartawan yang lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas dan Protokol bertindak sebagai fasilitator dalam menyampaikan informasi berita kepada para wartawan melalui website http://dprd.jabarprov.go.id sehingga dapat mempermudah dan mempercepat atus informasi kepada pihak wartawan secara jelas, praktis, dan efisien. Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan teknis komunikasi sebagai pengelola website http://dprd.jabarprov.go.id dengan melakukan peliputan kegiatan di seputar instansi, penginputan berita, upload foto kegiatan DPRD, dan monitoring website secara berkala. Kesimpulan dari penelitian adalah Humas memiliki peranan sebagai Fasilitator Komunikasi dengan membantu pihak instansi sebagai mediator penyampai pesan dengan cara mendengar keinginan, dan harapan wartawan mengenai kebutuhan informasi, lalu menyampaikan informasi tersebut melalui website http://dprd.jabarprov.go.id. Humas juga berperan sebagai Teknisi Komunikasi dengan menyediakan layanan teknis komunikasi kepada para wartawan melalui pengelolaan website http://dprd.jabarprov.go.id. Saran penelitian adalah sebaiknya penggunaan website DPRD Jawa Barat tidak hanya sebatas mensosialisasikan kegiatan dewan tetapi aplikasi jajak pendapat lebih dimanfaatkan, serta perlunya updating informasi secara tepat waktu serta penambahan SDM yang menunjang sebagai pengelola website.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: website http://dprd.prov.go.id, Humas dan Protokol DPRD, website DPRD
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23232

Actions (login required)

View Item View Item