Komunikasi Ritual Rendaman Suku Dayak Indramayu Di Kabupaten Indramayu (Studi Etnografi Komunikasi Budaya Suku Dayak Indramayu Di Kabupaten Indramayu)

Dewi Octaviani, Chandra (2013) Komunikasi Ritual Rendaman Suku Dayak Indramayu Di Kabupaten Indramayu (Studi Etnografi Komunikasi Budaya Suku Dayak Indramayu Di Kabupaten Indramayu). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan Ritual Suku Dayak Indramayu dalam Ritual Rendaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan Etnografi komunikasi. Proses pemilihan informan menggunakan analisis data. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan pencarian di internet. Teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh bermanfaat mengetahui kebudayaan Suku Dayak Indramayu dalam adat Ritual Rendaman dalam penyampaian tujuan dan maksud tertentu didalam komunitas tersebut dalam arti memaknai cara berkomunikasi sesama anggota komunitas tersebut. Kesimpulan dalam cara komunikasi Ritual Rendaman tersebut dapat dikatakan memberimakna dalam keseharian bersyukur kepada tuhan yang mahaesa, dan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan komunitas tersebut. Saran, sebaiknya pemerintah memberikan pengesahan yang kongkrit sehingga Suku Dayak tersebut dapat diakui keabsahannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Etnografi, Ritual Rendaman Suku Dayak Indramayu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item