Sistem Informasi Pemesanan Tiket Berbasis Web Pada Utickets Travel

Astria, Reni (2013) Sistem Informasi Pemesanan Tiket Berbasis Web Pada Utickets Travel.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Utickets Travel merupakan salah satu perusahaan perorangan yang bergerak pada bidang transportasi darat dengan jurusan Bandung-Jakarta, Bandung-Depok, Bandung-Bogor, dan Bandung-Cirebon. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2007 dengan pendirinya Hendra Hendarman Ansor. Sebagai salah satu perusahaan transportasi, Utickets Travel dituntut untuk selalu standby dalam memenuhi kebu-tuhan masyarakat baik itu mengenai informasi jadwal keberangkatan, pemesanan tiket, maupun pembelian tiket travel. Permasalahan yang terdapat pada Utickets Travel adalah pelayanan pemesanan tiket travel, pengecekan jadwal, pengecekan ketersediaan kursi pada Utickets Travel masih dilakukan dengan secara manual, belum adanya media alternative dalam Penyediaan Informasi jadwal keber-angkatan serta pemesanan tiket pada Utickets Travel yang saat ini hanya dapat dilakukan melalui Telepon, SMS, YM atau datang langsung ke Utickets Travel, dan belum adanya sistem berbasis online dalam pemesanan tiket dan penjadwalan keberangkatan pada Utickets Travel. Dari permasalahan yang telah diuraikan diat-as maka penulis tertarik untuk membangun sebuah program aplikasi website yang diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat penting dalam mendapatkan informasi yang akurat dan cepat. Dengan adanya program aplikasi website yang dirancang oleh penulis pada Utickets Travel, diharapkan dapat meningkatkan kinerja sistem informasi pemesanan tiket dalam mewujudkan visi perusahaan Utickets Travel untuk menjadi perusahaan yang maju dan berkembang sehingga menjadi pioneer atau perintis serta simbol bagi citra terbaik dalam bisnis trans-portasi. Metode pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan prototype sebagai metode pengembangannya. Alat yang digunakan untuk merancang sistem, yaitu UML (Unified Modeling Language) berupa activity diagram, use case diagram, sequence diagram, collaboration diagram, class diagram, component diagram, dan deployment diagram. Teknik pengumpulan data, menggunakan wawancara dan observasi. Dan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu PHP (Personal Home Page) sebagai Web Server dan MySQL sebagai Database. Perancangan system informasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pe-rusahaan terhadap konsumen khususnya dalam memperoleh informasi dan pemesanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi pemesanan tiket berbasis web pada Utickets Travel dapat membantu konsumen dalam mengakses informasi mengenai jadwal keberangkatan dan pemesanan tiket, mengimplemen-tasikan sistem informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahap akhir adalah mengadakan pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan metode Black box untuk menguji fungsi �� fungsi khusus dari perangkat lunak yang dirancang agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, Jadwal, Pemesanan, UML (Unified Modeling Language)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23259

Actions (login required)

View Item View Item