Upaya Peningkatan Daya Saing PT. Waskita Karya Dalam Rangka Memenangkan Tender Konstruksi

Kartifa Ayu, Oktarina (2001) Upaya Peningkatan Daya Saing PT. Waskita Karya Dalam Rangka Memenangkan Tender Konstruksi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan pembangunan yang sedang berjalan di Indonesia, maka industri jasa konstruksi mengalami masa jaya pada saat sebelum terjadinya krisis moneter, namun pada saat krisis moneter terjadi dimana proyek yang ditenderkan relatif tidak banyak dan terbatas mengakibatkan industri jasa konstruksi mengalami masa-masa yang suram dan persaingan antar pelaku jasa konstruksi menjurus ke persaingan tidak sehat. Dengan akan dimulainya era globalisasi menyebabkan persaingan antar pelaku jasa konstruksi akan semakin ketat lagi karena akan masuknya pelaku-pelaku jasa konstruksi asing ke Indonesia. PT. Waskita Karya sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penyediaan jasa konstruksi juga tidak terlepas dari kondisi-kondisi tersebut diatas. Data perusahaan menunjukkan pada saat terjadi krisis moneter perolehan nilai kontrak baru dan pendapatan perusahaan menjadi menurun dari target-target yang telah ditetapkan yang menyebabkan perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar yang mengakibatkan daya saing perusahaan mengalami penurunan. Dengan kecilnya prosentase PT. Waskita Karya dalam memenangkan tender-tender proyek konstruksi, maka PT. Waskita Karya harus melihat kembali proses-proses bisnis di dalam perusahaan dalam penanganan tender untuk melihat sejauh mana penyebab kekalahan dalam tender tersebut. Dengan melakukan benchmarking terhadap pemenang tender proyek gedung dan proyek sipil serta analisa terhadap proses bisnis penanganan tender maka dapat ditentukan faktor-faktor kegagalan yang menyebabkan kekalahan tersebut. Dari perumusan faktor kegagalan tersebut dibuat suatu program perbaikan untuk peningkatan proses bisnis dalam bentuk program jangka panjang dan program jangka pendek sehingga diharapkan perusahaan dapat meningkatkan perolehan nilai kontrak baru agar perusahaan dapat memenangkan persaingan dan dapat tumbuh dan berkembang serta dapat mewujudkan misi dan visi perusahaan untuk masa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Manufacture > Manag. Of Business Adm.-Tech. > 2001
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item